7 Makanan yang Mampu Mendorong Fokus Anda di Gym

7 Makanan yang Mampu Mendorong Fokus Anda di Gym
Image credit : duniafitnes.com

ProgramFitnes.com – Sesi latihan yang anda lakukan di gym tak cuma membutuhkan kondisi fisik yang baik, tapi juga mental dan pikiran yang sehat dan jernih. Di samping kekuatan otot, kemampuan untuk fokus jelas menjadi salah satu kunci yang tak kalah penting. Tanpanya, latihan anda takkan maksimal, bahkan malah bisa timbul cidera.

Nah, bila kadang anda merasa kurang waspada ketika berlatih, mungkin anda memerlukan tambahan nutrisi untuk meningkatkan kinerja otak agar lebih fokus di gym. Caranya sederhana, masukkan saja makanan-makanan berikut ini ke dalam menu anda.

1. Biji Bunga Matahari

Image credit: food.ndtv.com
Image credit: food.ndtv.com

Meski ukurannya kecil, kuaci yang dibuat dari biji bunga matahari tak boleh dianggap sepele. Ini karena cemilan yang satu ini kaya kandungan vitamin E. Menurut studi, makanan tinggi vitamin E dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, biji bunga matahari juga terkenal sebagai sumber thiamin, yaitu vitamin B yang dapat membantu sel tubuh anda mengubah karbohidrat menjadi energi.

2. Sarden Kalengan

Image credit; indosardines.yolasite.com
Image credit; indosardines.yolasite.com

Vitamin D ternyata berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit, salah satunya penurunan mental. Disebutkan bahwa otak kita membutuhkan vitamin D untuk beragam fungsi, termasuk mengirimkan sinyal saraf. Maka dari itu, anda perlu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup agar otak berfungsi optimal.

Selain lewat sinar matahari, vitamin D juga bisa anda dapatkan dari sarden kalengan yang ramah di kantong. Terlebih, sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik buat tubuh anda.

3. Telur

easy-hard-boiled-eggs-930x550
Image credit: www.mastercook.com

Telur tak cuma menjadi sumber protein yang penting untuk membentuk otot. Bagian kuning telurnya mengandung kolin, salah satu nutrisi esensial yang menjadi prekursor dari asetilkolin, yaitu neurotransmiter yang berperan dalam fungsi kognitif dan memori. Jadi, jangan ragu mengkonsumsi kuning telur bila anda membutuhkan fokus lebih.

4. Salmon

Image credit: www.splendidtable.org
Image credit: www.splendidtable.org

Merasa gak mood ngegym? Coba konsumsi ikan lemak seperti salmon. Ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3, khususnya EPA dan DHA, yang mampu menghalau depresi penyebab hilangnya motivasi anda ke gym.

Omega-3 membantu mengatur neurotransmiter otak seperti serotonin dan dopamin yang berperan penting terhadap mood anda. Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi inflamasi pada otak yang dapat menimbulkan gangguan psikiatrik. Seperti halnya sarden dan makarel, salmon juga mengandung vitamin D untuk membantu otak anda tetap fit.

5. Buah Bit

Image credit: foodandstyle.com
Image credit: foodandstyle.com

Jangan remehkan khasiat buah bit bagi otak anda. Ilmuwan dariĀ Wake Forest University mengungkapkan bahwa nitrat alami yang terkandung pada buah bit dapat memperlancar aliran darah ke otak, sehingga dapat membantu meningkatkan performa mental anda dan melawan penurunan kognitif.

Cara paling enak untuk mengkonsumsi buah bit adalah dengan memanggangnya di oven. Tapi, anda juga bisa mengolahnya menjadi jus untuk dicampur dengan protein shake favorit anda.

6. Walnut

Image credit: www.healthfitnessrevolution.com
Image credit: www.healthfitnessrevolution.com

Bila anda sedang ingin ngemil, jangan ragu mengambil segenggam walnut untuk dinikmati. Peneliti dariĀ Tufts University menemukan bahwa pola makan yang kaya akan walnut dapat meningkatkan kemampuan otak. Ini karena kandungan antioksidan polifenol dan asam lemak omega-3 di dalam kacang ini mampu bersinergi, membuat pikiran anda tetap tajam.

Di samping itu, walnut juga baik bagi kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi 40 gram walnut setiap hari selama 8 minggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko jantung koroner.

7. Daging Sapi

Image credit: lasveguitas.com
Image credit: lasveguitas.com

Daging sapi tinggi akan kandungan zat besi. Menurut penelitian, asupan zat besi yang cukup setiap harinya membantu anda menyelesaikan tugas-tugas mental secara lebih baik dan lebih cepat. Ini karena zat besi membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak yang sangat membutuhkan oksigen agar dapat berfungsi optimal.

Tak hanya itu, daging merah juga merupakan sumber alami dari kreatin, yaitu senyawa yang dapat membantu meningkatkan kekuatan anda.

Nah, kini anda pasti makin memahami bagaimana menjaga fokus anda tetap tajam lewat makanan. Selamat berlatih!