7-Minutes Workout: Tetap Bugar Dalam 7 Menit

7-Minutes Workout Tetap Bugar Dalam 7 Menit

ProgramFitnes.com – Kesibukan seringkali membuat kita tak sempat mampir ke gym maupun sekadar jogging. Padahal, berolahraga itu sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Tenang, meski pekerjaan anda sangat menyita waktu, anda tetap bisa mencuri-curi kesempatan untuk melatih tubuh anda. Salah satunya adalah dengan sebuah sistem latihan yang dikenal dengan 7-minutes workout.

jual suplemen fitnes

7-minutes workout merupakan high-intensity circuit training yang didesain untuk melatih seluruh otot tubuh dalam waktu relatif singkat. Tentunya, jenis latihan ini sangat cocok dilakukan bagi mereka yang tak memiliki banyak waktu untuk berolahraga tapi ingin tetap menjaga tubuhnya agar tetap fit.

Langkah-Langkah Melakukan 7-Minutes Workout

Program latihan 7-Minutes Workout terdiri dari 12 posisi dan gerakan yang dilakukan berurutan. Masing-Masing  gerakan dilakukan selama 30 detik dengan jeda istirahat 10 detik.

1. Jumping Jacks

Jumping Jacks

2. Wall Sit

Wall Sit

3. Push-Up

Push-Up

4. Abdominal Crunch

Abdominal Crunch

5. Step-up

Step-up

6. Squat

Squat

7. Triceps dip

Triceps dip

8. Plank

Plank

 

9. Running in place

Running in place

10. Lunge

Lunge

11. Push-up and rotation

Push-up and rotation

12. Side plank

Side plank

Lima Faktor yang Membuat 7-Minutes Workout Sukses Membuat Tubuh Anda Lebih Bugar

 1. Memadukan Latihan Aerobik dan Resistance Training

Dalam satu interval, 7-Minutes Workout memadukan dua latihan yaitu latihan aerobik serta resistance training/latihan beban. Keduanya merupakan elemen penting dalam sebuah  program latihan yang sehat dan seimbang. Gerakan-gerakan seperti jumping jacks, step-up, serta lari di tempat merupakan gerakan aerobik yang sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung. Sementara, gerakan-gerakan seperti push-ups, squat, dan abdominal crunch menyasar otot-otot tertentu untuk dilatih.

2. Intensitas yang tinggi

Latihan ini didesain untuk dapat dilakukan dalam intensitas yang tinggi, yang artinya latihan ini bisa dilakukan seintens yang anda bisa untuk masing-masing gerakan, tentunya dengan tetap memperhatikan segi keamanan. Memang, latihan ini tidaklah senyaman program latihan intensitas moderat yang mungkin lebih santai. Tapi, anda bisa memperoleh hasil yang serupa dengan program latihan intensitas moderat dalam waktu yang jauh lebih singkat.

3. Urutan Latihan

Agar anda bisa berlatih lebih intens namun tetap aman untuk tubuh, program latihan ini sengaja disusun dalam urutan tertentu. Latihan aerobik yang menggerakan seluruh tubuh dilakukan lebih dulu untuk meningkatkan denyut jantung, diikuti dengan latihan beban untuk lower body atau tubuh bagian bawah anda, seperti wall sit dan squat. Berikutnya, melatih upper body atau tubuh bagian atas (misalnya push-up), lalu terakhir melatih core lewat gerakan seperti crunches.

Dalam satu interval, urutan ini diulangi sampai tiga kali dengan pola  aerobik, lower body, upper body, dan core. Pola ini memungkinkan masing-masing kelompok otot untuk dilatih dengan intensitas tinggi namun tetap memiliki waktu yang cukup untuk pulih.

4. Jeda Istirahat yang minimal

Salah satu kunci penting untuk memangkas waktu latihan adalah jeda istirahat yang singkat. Urutan latihan yang dijabarkan di atas memungkinkan anda untuk berpindah dari satu gerakan ke gerakan yang lain dengan istirahat yang minim atau bahkan tanpa istirahat sama sekali. Ini akan membantu anda menjaga intensitas latihan tetap tinggi dan durasi latihan yang pendek.

5. Hanya mengandalkan bobot tubuh

Latihan 7 menit ini tidak membutuhkan peralatan apapun. Anda cuma perlu dinding dan sebuah kursi yang cukup kokoh, sehingga latihan ini bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Sementara, latihan dengan bobot tubuh membuat program ini bisa menyesuaikan dengan tingkat kebugaran tubuh anda.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar di sela-sela kesibukan anda, 7-minutes workout adalah jawaban yang tepat. Tapi, jika anda menginginkan hasil yang lebih, tentunya anda perlu menginvestasikan waktu untuk melakukan program latihan lainnya.

Nah, sekarang sibuk tidak lagi menjadi alasan untuk tidak berolahraga, bukan?

jual suplemen fitnes