7 Tanda Anda Mengalami Overtraining

7 Tanda Anda Mengalami OvertrainingProgramFitnes.com – Segala yang berlebihan tidaklah baik, termasuk kebiasaan sehat. Misalnya, mengkonsumsi serat itu baik bagi pencernaan, tapi terlalu banyak mengkonsumsi serat justru bisa menimbulkan masalah seperti dehidrasi dan perut kembung. Begitu pula halnya dengan olahraga.

Anda yang seorang penggila olahraga mungkin lebih suka menghabiskan waktu dengan berolahraga alih-alih bersantai di sofa. Tapi, lari jarak jauh atau angkat beban yang dilakukan setiap hari tanpa jeda istirahat yang cukup justru akan menjadi bumerang bagi tubuh anda. Nah, jika anda mengalami 7 tanda overtraining atau latihan berlebihan berikut ini, mungkin saatnya anda mengistirahatkan tubuh anda untuk sementara.

1. Latihan membuat anda kelelahan alih-alih makin berenergi

jual suplemen fitnes

Olahraga yang cukup seharusnya membuat anda merasa lebih baik dan bersemangat.  Tentu saja, anda mungkin merasa capek setelah melakukan latihan yang menguras tenaga. Tapi, jika berlatih di gym membuat anda merasa letih atau ingin pulang dan tidur, mungin itulah tanda anda mengalami overtraining. Bila anda tidak merasa segar akibat aliran hormon endorfin karena tubuh yang aktif, inilah saatnya mengevaluasi kembali latihan dan mendengarkan tubuh anda.

2. Anda lebih mudah sakit

Jika anda berolahraga secara rutin, tubuh secara terus menerus mengeluarkan energi untuk memperbaiki otot. Ini berarti jika anda mengalami kontak dengan virus atau bakteri, sistem kekebalan tubuh tidak bisa memberikan 100 persen kemampuannya untuk menghalau penyakit tersebut. Jadi, anda akan lebih gampang sakit atau lebih sukar sembuh jika tidak memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan merawat diri sendiri.

3. Suasana hati anda gampang memburuk

Apakah latihan yang anda sukai kini dirasa seperti rutinitas yang menjemukan dibanding aktivitas yang lainnya? Atau anda merasa down dan tidak lagi termotivasi? Ini rasanya berlawanan dengan manfaat latihan yang dapat meningkatkan aliran endorfin dan membuat suasana hati  anda lebih baik. Tapi, overtraining memang bisa menjadi penyebab turunnya tingkat energi dan mood anda.

Jadi, bila mood gampang memburuk, cobalah untuk mengistirahatkan otot anda selama beberapa hari dan tidur yang cukup. Tubuh anda mungkin membutuhkannya.

4. Anda sulit tidur atau merasa tidur anda selalu kurang

Bagaimana kondisi tidur anda belakangan ini? Sulit tidur, atau mungkin justru merasa tidur anda tidak cukup? Kedua hal ini bisa saja disebabkan oleh overtraining. Bila anda terlalu banyak berlatih, tubuh dapat menerjemahkannya sebagai biang stres dan melepaskan hormon stres seperti kortisol yang membuat anda susah tidur.

Di sisi lain, overtraining juga dapat menyebabkan kelelahan yang lebih dari biasanya. Tidur adalah masa ketika tubuh dan otak memulihkan dirinya. Jika anda memforsirnya terlalu keras, tubuh anda mungkin akan memberi tanda bahwa anda butuh istirahat lebih banyak.

5. Langkah anda kini terasa “berat”

Sebelumnya, anda melakukan jogging dengan langkah yang ringan. Tapi, kini langkah anda terasa lebih berat dari biasanya, seolah diikat dengan beban, sehingga memerlukan lebih banyak usaha untuk terus berlari. Overtraining bisa jadi biang keroknya. Kaki yang terasa letih dan berat, bisa disebabkan oleh otot yang dipaksa bekerja terus-menerus tanpa memiliki kesempatan untuk memulihkan diri.

6. Anda lebih mudah tersinggung

Jika hal-hal remeh mudah membuat menyulut api kemarahan di diri anda, itu juga bisa disebabkan oleh overtraining. Bila kita merasa lelah, masalah-masalah sepele bisa lebih gampang membuat kita marah atau tersinggung. Latihan berlebihan itu ibarat menghabiskan banyak waktu bekerja pada sebuah proyek besar selama berminggu-minggu. Kadang , yang anda butuhkan hanyalah libur sejenak untuk rehat.

7. Tubuh anda sering terasa nyeri sampai berhari-hari

Kita tahu bahwa otot yang terasa linu adalah hal yang baik. Itu berarti kita benar-benar mendorong kemampuan tubuh dan otot kita beradaptasi menjadi lebih kuat. Tapi, jika otot anda gampang terasa nyeri  meski baru sejenak berolahraga atau bila rasa nyeri itu terasa sampai 48 jam, ini mungkin tanda bahwa anda mengalami overtraining dan perlu istirahat lebih.

Jika anda mengalami tanda-tanda di atas, inilah saatnya memangkas intensitas atau durasi latihan. Anda bisa melakukan latihan yang lebih ringan dan santai, misalnya dengan mengganti lari jarak jauh dengan yoga. Ingat, tubuh perlu cukup istirahat untuk pulih dan membuatnya lebih kuat.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN