7 Tips Agar Tetap Bugar Selama Bekerja

ProgramFitnes.com – Apa Anda termasuk orang yang duduk seharian saat bekerja? Kita memahami bahwa duduk terlalu lama di belakang meja bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang benar-benar melakukan sesuatu agar tetap bugar meski duduk seharian.

Kerjaan memang tak bisa ditinggal, tapi Anda juga tak boleh membiarkan pekerjaan membuat Anda menjadi kurang aktif. Untuk memulainya, ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Pulang-Pergi Kerja Dengan Cara yang Lebih Sehat

Image credit: nymag.com
Image credit: nymag.com
jual suplemen fitnes

Bila jarak kantor dengan tempat tinggal Anda cukup dekat, tak ada salahnya berangkat ke kantor dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Atau, jika Anda menggunakan transportasi umum, cobalah untuk turun agak jauh dan lanjutkan sisanya dengan berjalan kaki.

Kalau tak ada pilihan lain untuk ke kantor selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda agak jauh dari gedung kantor Anda. Dengan begini, Anda bisa meregangkan otot-otot sebelum dan setelah jam kerja.

2. Menggunakan Tangga

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Anda pasti sudah menduga bila kiat yang satu ini akan masuk ke dalam lis, ‘kan? Memang benar, menggunakan tangga adalah cara ampuh untuk membakar kalori. Gratis pula! Mendaki anak tangga juga sanggup meningkatkan stamina, ketahanan, dan kekuatan otot kaki Anda.

Jadi, bila tidak terdesak, tak perlu menggunakan lift untuk mencapai lantai yang Anda tuju. Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk memperbaiki tingkat kebugaran Anda di kantor.

3. Cari Cara Untuk Bekerja Sambil Berdiri

Image credit: flickr.com
Image credit: flickr.com

Bila pekerjaan menuntut Anda bekerja di belakang meja seharian, cari cara untuk mengerjakan tugas-tugas Anda dengan posisi berdiri. Misalnya, saat menerima panggilan telepon atau mengoreksi naskah.

Alih-alih mendiskusikan proyek bersama rekan kerja lewat SMS atau email, bangkitlah dari kursi dan datangi meja mereka. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa mengupayakan meja tinggi untuk mengerjakan tugas-tugas Anda sembari berdiri.

4. Manfaatkan Waktu Istirahat Sebaik-Baiknya

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Daripada menggunakan waktu istirahat Anda untuk nongkrong dan nggosip, manfaatkan jeda ini untuk sedikit berolahraga. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kantor sambil menikmati udara segar.

Bila memungkinkan, simpan sebuah dumbbell di dalam loker atau meja kerja. Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu untuk melatih otot.

5. Atur Reminder dan Lakukan Peregangan

Image credit: youtube.com
Image credit: youtube.com

Kita seringkali ingin bangkit dari meja dan bergerak. Sayangnya, atmosfer kerja membuat fokus kita tersedot dan jadi melupakan tekad untuk lebih aktif. Untuk mencegah hal ini, atur alarm pada ponsel atau komputer Anda sebagai pengingat.

Setelahnya, jangan ragu untuk melakukan gerakan yoga dan peregangan singkat. Cara ini bisa membantu meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot. Stres Anda juga jadi berkurang, lho.

6. Atur Ulang Meja Kerja Anda

Image credit: safebee.com
Image credit: safebee.com

Segala yang Anda perlukan mungkin sudah tersedia di atas meja kerja Anda dengan susunan yang mudah diraih. Hal ini memang membuat kerja Anda lebih efisien, tapi tubuh Anda pun menjadi makin jarang bergerak.

Jadi, cobalah untuk mengatur ulang ruang kerja Anda sehingga Anda bisa lebih banyak bergerak dan/atau melakukan peregangan untuk meraih telepon, dokumen, printer, dan barang-barang penting lainnya.

Anda juga dapat mengganti kursi nyaman Anda dengan kursi yang tegak tanpa sandaran lengan. Alternaif lain, gunakan sebuah exercise ball sebagai pengganti kursi. Hal ini membantu Anda mengaktifkan lebih banyak otot sembari duduk bekerja.

7. Minum Banyak Air Putih

Image credit: waterdispensercups.co.uk
Image credit: waterdispensercups.co.uk

Di sela-sela pekerjaan, lapar seringkali menghampiri. Eit, jangan buru-buru mengambil cemilan. Bisa jadi Anda cuma merasa haus. Makanya, selalu sediakan air putih di meja Anda untuk diteguk sewaktu-waktu.

 

Nah, memulai hidup yang lebih aktif itu tak sukar, ‘kan? Hal-hal sederhana di atas juga berdampak baik baik bagi latihanmu, lho!

 

jual suplemen fitnes