8 Alasan Anda Harus Mulai Berolahraga Sekarang

8 Alasan Anda Harus Mulai Berolahraga SekarangProgramFitnes.com – Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh anda. Mulai dari menyehatkan jantung, meningkatkan tenaga, sampai menjagakebugaran dan berat badan. Saking pentingnya, WHO menyarankan orang dewasa berusia 18-64 tahun melakukan olahraga berintensitas menengah setidaknya 150 menit per minggu, bisa dengan jalan santai, bersepeda, bahkan melakukan pekerjaan rumah yang menguras tenaga.

Tapi, kalau anda butuh motivasi lebih, 8 alasan berikut ini mungkin bisa membuat anda segera beranjak dari sofa dan mulai berolahraga sekarang.

1. Olahraga Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer atau Demensia

Demensia atau penyakit pikun bisa mengintai siapa saja, terutama para manula. Penyakit ini merupakan penyakit kemunduran mental yang biasa menyerang daya ingat serta kemampuan kognitif. Kabar gembiranya, olahraga secara teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk memerangi penyakit ini.

Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara aktivitas fisik dan risiko demensia. Tapi, ternyata olahraga memiliki manfaat yang lebih dari itu. Faktanya, latihan aerobik membantu meningkatkan volume hippocampus, bagian otak yang berperan terhadap memori.

2. Olahraga Membantu Kulit Anda Tampak Berseri-Seri

Kulit anda terasa kusam? Berolahragalah! Ketika melakukan aktivitas fisik, kulit anda pun mendapatkan manfaatnya. Aliran darah dan oksigen ke permukaan kulit meningkat, dan racun dalam tubuh pun keluar lewat keringat. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa olahraga bisa menghambat bahkan membalikkan tanda-tanda penuaan. Jadi, anda mau tetap awet muda, ‘kan?

3. Kehidupan Seks Anda Menjadi Lebih Berwarna

Memeras keringat di gym juga bisa membantu ranjang anda tetap hangat. Olahraga dapat meningkatkan stamina dan rasa percaya diri yang akan menaikkan performa anda di ranjang. Selain itu, wanita yang terbiasa berolahraga umumnya memiliki kehidupan seks yang lebih aktif dan dapat mencapai orgasme lebih cepat dibandingkan dengan wanita yang tidak berolahraga. Sementara, olahraga juga menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria.

4. Olahraga Sanggup Menurunkan Nafsu Makan Anda

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa latihan intensitas tinggi menekan sekresi ghrelin, yaitu hormon otak yang menimbulkan rasa ingin makan. Itu berarti, melakukan olahraga ke dalam rutinitas harian anda dapat mengurangi keinginan anda untuk mengemil . Jadi, saat anda stres, lelah atau bosan, tinggalkan cemilan anda dan beralihlah ke olahraga.

5.  Mood Anda Menjadi Lebih Baik

Aktivitas fisik tak hanya meningkatkan kesehatan mental, tapi juga menjadi mood booster yang efektif. Alasan ini tentu sangat masuk akal, karena olahraga memicu sekresi endorfin, yaitu senyawa kimia yang mengurangi rasa sakit sekaligus meningkatkan emosi positif. Jadi, kalau anda sedang sedih atau sebal, olahraga akan membuat perasaan anda lebih baik.

6. Aktivitas Fisik Menurunkan Risiko Kanker

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang mengintai jutaan wanita di Indonesia. Ketika belum ada obat yang ampuh untuk mengobatinya, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya. Salah satu cara yang terbukti ampuh mencegah kanker di atas adalah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Memiliki fisik yang aktif mempermudah anda menjaga berat badan, yang menjadi faktor penting untuk menurunkan risiko kanker payudara, terutama setelah menopause. Selain itu, olahraga teratur pada pria juga dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria.

7. Gejala PMS Berkurang

Jika anda menderita gejala pramenstruasi dan menstruasi yang mengganggu bahkan menyakitkan, saatnya anda melawannya lewat berolahraga. Gabungan antara latihan intensitas tinggi dan moderat dapat membantu mengurangi gejala PMS yang anda rasakan, termasuk rasa lelah dan depresi saat menstruasi.

8. Olahraga Memperpanjang Usia Anda

Olahraga tak hanya meningkatkan kadar gaya hidup anda, tapi juga dapat memperpanjang usia. Penelitian dari WHO mengungkapkan bahwa dengan berolahraga selama 150 menit per minggu, ekspektasi usia seseorang dapat bertambah antara 3,5 sampai 4,5 tahun. Jadi, siapkah anda untuk berumur lebih panjang lewat olahraga?

Leave a Reply

Your email address will not be published.