8 Etika di Gym yang Wajib Anda Patuhi

8 Etika di Gym yang Wajib Anda PatuhiProgramFitnes.com – Gym adalah ruang publik yang dimanfaatkan banyak orang dari berbagai latar belakang. Tujuan anda dan mereka kurang lebih sama, yaitu menjadi lebih bugar. Anda tak cuma berbagi ruang dengan anggota lainnya, tapi juga berbagi peralatan yang sama. Apalagi, karena ruang yagn cenderung terbatas, umumnya peralatan di gym diletakkan berdekatan.

Nah, tentunya anda ingin menjaga ruang latihan yang anda gunakan menjadi senyaman mungkin, bukan? Maka dari itu, kita semua wajib mematuhi etika-etika yang berlaku di gym, terutama yang tidak tertulis karena masih ada saja orang yang kurang memiliki kesadaran untuk beretika. Padahal, anda tinggal menggunakan nalar dan perasaan anda. Jangan sampai anda dicibir anggota lainnya gara-gara tidak mengindahkan etika berikut ini!

1. Letakkan Kembali Peralatan yang Anda Gunakan Pada Tempatnya

gym_etiquette

Anda baru saja menikmati latihan biceps curl menggunakan dumbbell ataupun squat dengan barbell? Bila sudah menyelesaikan seluruh set anda, silakan kembalikan dumbbell dan pelat beban kembali ke rak atau tempatnya semula. Mengembalikan peralatan dengan benar dan sesegera mungkin membantu memudahkan anggota lainnya untuk menemukan beban yang ingin mereka gunakan.

2. Jangan Ragu Untuk Berbagi

Be-aware-of-your-surroundings-in-the-gym.

Kita semua memiliki waktu yang terbatas di gym. Bila anda sedang melakukan beberapa set pada sebuah alat, perhatikan member lain yang juga ingin menggunakannya. Anda bisa memberi mereka kesempatan berlatih dengan alat itu pada jeda istirahat antarset. Ini penting, apalagi bila anda menggunakan alat lebih dari satu sekaligus untuk melakukan superset maupun rangkaian gerakan.

3. Jangan Meninggalkan “Jejak” di Alat

565572_gym_etiquette_42588

Salah satu etika penting di gym adalah langsung mengelap peralatan gym setelah anda menggunakannya. Anda juga pasti risih melihat alat yang ingin anda gunakan masih ditempeli oleh sisa keringat anggota lain, bukan? Selalu bawa lap atau handuk kecil dan gunakan setiap anda selesai memakai alat.

4. Hindari Menongkrong di Atas Alat

reading2

Hindari nongkrong di atas alat bila anda tidak sedang menggunakannya, terutama pada jam-jam sibuk. Dan jangan menghabiskan waktu yang tak perlu dengan mengobrol di atas alat saat jeda istirahat antarset, apalagi bila itu adalah satu-satunya alat yang ada di sana. Itulah mengapa banyak gym yang memberlakukan batas waktu penggunaan alat pada jam-jam penuh.

5. Simpan Ponsel Anda

gym_cell_phone_istock

Orang-orang akan sebal bila melihat anda menghabiskan waktu dengan ponsel anda, baik saat di atas alat maupun sedang jeda istirahat. Fokuslah pada tujuan anda datang ke gym dan simpan ponsel anda di tempat yang aman.

6. Menyingkirlah Dari Cermin Saat Orang Lain Sedang Menggunakannya

top-5-fun-diet-tips_c

Cermin yang ada di gym bukan berfungsi untuk narsis, melainkan untuk membantu anda melihat apakah anda melakukan gerakan dengan sempurna atau tidak. Bila seseorang sedang menggunakan cermin untuk mengoreksi bentuk gerakan mereka, sebaiknya anda berkaca dan menghalangi pandangan mereka.

7. Bertanya Dahulu Sebelum Menggunakan Alat

2012-09-10-antirotationclose

Sebelum anda menggunakan alat yang baru saja digunakan orang lain, tanyalah terlebih dulu apakah mereka sudah selesai menggunakan alat tersebut. Ketika seseorang meninggalkan alat yang baru mereka gunakan, jangan buru-buru berasumsi bila mereka sudah selesai. Siapa tahu, mereka hanya mengambil minum.

8. Mandilah Sebelum Berlatih

odor

Memang, anda akan berkeringat lagi seusai meninggalkan gym, tapi tak ada salahnya mandi dulu sebelum latihan. Tak perlu pelit sabun, toh anda bisa mandi sekali lagi setelah latihan. Ingat, kita sedang berbagi ruang bersama orang lain. Anda tentunya juga tak ingin mencium bau bandan yang kurang sedap dari rekan sesama member, bukan? Pastikan tubuh dan pakaian anda bersih dan tidak berbau sebelum memasuki gym. Jangan ragu untuk menggunakan deodoran bila perlu.

Nah, itulah beberapa etika ngegym yang patut anda patuhi. Anggap saja gym adalah rumah pacar anda di mana anda harus menjaga kelakuan anda. Selamat berlatih!