8 Gerakan Tak Biasa Untuk Bentuk Perut yang Sempurna

8 Gerakan Tak Biasa Untuk Bentuk Perut yang Sempurna
Image credit : sixpackmagazine.net

ProgramFitnes.com – Tak ada yang tak tertarik dengan bentuk perut yang rata dan kekar. Terlebih, memiliki otot core yang kuat sangat penting dalam menunjang beragam gerakan pada sesi latihan anda. Bila anda menginginkan bentuk fisik yang ideal, pastinya otot core yang lebih kuat dan bentuk perut yang terdefinisi bakal menjadi salah satu gol anda.

Alih-alih melakukan gerakan crunch dan sit-up yang biasa, cobalah delapan gerakan tak biasa berikut ini. Dijamin, otot perut anda tak hanya tampak sempurna tapi juga semakin kuat!

1. Ab Roll-Out

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com

Gerakan ab roll-out tak hanya efektif menguatkan core, tapi juga mengetes seberapa jauh stabilitas bahu dan kekuatan trisep anda. Untuk melakukannya anda bisa memanfaatkan sebuah barbel dengan pelat, ab wheel, atau bahkan sebuah lori beroda. Yang penting, anda dapat menjangkau ke depan sejauh mungkin dan mengenai otot core ketika menarik tubuh ke posisi semula.

2. Russian Medicine-Ball Twist

Image credit: thetumblrgym.com
Image credit: thetumblrgym.com

Gerakan yang satu ini sanggup mengenai setiap sudut otot core anda: samping, atas, dan bawah. Mulailah dengan menempelkan bokong anda ke lantai. Kencangkan perut dan naikkan kaki. Pada titik ini, otot perut anda sudah mulai terstimulasi.

Selanjutnya, genggam sebuah medicine ball di dekat dada anda, arahkan ke satu sisi dengan gerakan yang terkontrol, kembali ke posisi awal, lalu arahkan ke sisi lainnya. Untuk tingkat yang lebih sukar, anda bisa melemparkan bola ke rekan anda dan menyelesaikan repetisi dengan sebuah crunch.

3. Reverse Rowing-Machine Tuck

Image credit: www.bodybuilding.com
Image credit: www.bodybuilding.com

Untuk melakukan gerakan ini, letakkan kedua tangan anda di lantai di depan sebuah rowing machine dan taruh kedua kaki pada tempat duduknya. Tempat duduknya dapat bergeser ke depan dan belakang dengan bebas, sehingga ideal digunakan untuk gerakan reverse tuck ini.

Gunakan lengan dan bahu untuk menstabilkan tubuh selama anda menggerakan kaki untuk menggeser jok ke arah perut dan mendorongnya kembali sampai kedua kaki anda terentang penuh.

4. Pallof Press

Image credit: www.sweatlikeapig.com
Image credit: www.sweatlikeapig.com

Gerakan pallof press adalah salah satu gerakan penguat core yang paling efektif tapi sering dipandang sebelah mata. Lewat gerakan ini, anda memanfaatkan kemampuan core untuk menstabilkan tubuh melawan resistensi akibat kontraksi isometrik. Berlawanan dengan gerakan semacam crunch, pada gerakan ini panjang otot perut anda tidak berubah selama rep.

Pallof press paling baik dilakukan menggunakan cable machine dengan tali penarik diatur setinggi dada. Gunakan beban yang mampu menarik bahu dan tubuh anda ke arah alat. Putar tubuh anda untuk melawan tarikan dan mempertahankan arah torso menggunakan otot perut bagian tengah dan samping.

5. GHD Sit-Up

Image credit: www.roguecanada.ca
Image credit: www.roguecanada.ca

Tidak setiap gym menyediakan alat yang diperlukan untuk melakukan gerakan GHD sit-up, yaitu sebuah alat glute-hamstring developer (GHD). Tapi, bila anda cukup beruntung, jangan ragu untuk mencoba gerakan yang satu ini! Rentang gerak tambahan dalam gerakan sit-up ini mampu menantang otot core anda dan membuatnya lebih efektif dibanding sit-up reguler.

6. Leg Raise Around the World

Image credit: www.bodybuilding.com
Image credit: www.bodybuilding.com

Gerakan ini adalah variasi dari gerakan leg raise. Leg raise around the world mampu mengenai setiap otot core sembari melatih kekuatan lengan dan genggaman anda. Ketika bergantung pada sebuah bar, jaga kedua kaki anda tetap lurus dan merentang. Lalu, gerakkan kaki anda satu putaran penuh searah jarum jam dan sebaliknya.

7. Medicine-Ball Ab Smash

Image credit: www.youtube.com
Image credit: www.youtube.com

Gerakan ini tampak sedikit masokis karena anda harus meminta rekan anda untuk memantulkan sebuah medicine-ball ke arah perut anda. Berbaringlah di lantai dan kencangkan perut anda. Lalu, biarkan rekan anda memantulkan bola secara berulang-ulang ke perut anda.

Gerakan ini melatih anda untuk menjaga perut tetap kencang dan ketat selama periode waktu tertentu, yang mana sangat penting ketika mengangkat beban yang berat maupun melakukan gerakan yang sulit. Disarankan untuk menjatuhkan bola beberapa inchi dari perut anda dan menggunakan medicine ball yang paling ringan ketika memulai gerakan ini.

8. Reverse Cable Crunch

Image credit: www.musclechemistry.com
Image credit: www.musclechemistry.com

Gerakan ini dilakukan dengan cara mengaitkan sebuah kabel ke kaki anda. Berbaringlah di lantai dan manfaatkan pegangan untuk memperkuat posisi anda bila ada. Lalu, mulailah menarik lutut anda ke arah dada. Anda bisa menaikkan bokong anda secara gradual untuk meningkatkan rentang gerak.

Jadi, siapkah anda untuk mendapatkan perut yang kuat dan sensual?