8 Hal yang Harus Dihindari Saat Melatih Otot Perut

ProgramFitnes.com – Siapa sih yang tidak menginginkan perut six-pack yang seksi? Anda pasti juga ingin, ‘kan? Tapi, butuh kesabaran dan kerja keras untuk melatih otot perut agar tampak menawan. Sekadar sit-up atau crunch saja jelas tak cukup.

Tentunya, Anda mesti rajin melatih perut Anda. Tapi, bila ingin otot perut Anda terlihat sempurna. sebaiknya Anda menghindari hal-hal berikut ini!

 

1. Menganggap Abdomen Adalah Satu Otot Saja

Sebelum mulai berlatih untuk mendapatkan perut six-pack, Anda perlu memahami anatomi otot perut terlebih dulu. Yang pertama adalah rectus abdominis, lapisan otot yang lebar dan tipis yang terentang dari tulang dada sampai panggul. Fungsi utamanya adalah melengkungkan badan ke depan dan mengangkat panggul.

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Kemudian, ada obliques atau otot perut samping internal dan eksternal yang berada di samping torso. Mereka bekerja membantu melengkungkan badan serta bekerja saat lateral flexion dan rotasi tubuh.

Di bagian paling dalam, ada transverse abdominis yang terentang di bawah rectus abdominis. Otot ini berperan pada gerakan yang memerlukan kompresi abdominal seperti plank.

Dengan memahami anatomi otot perut Anda, Anda bisa menciptakan sesi latihan dengan gerakan yang tepat. Sebagai contoh, Anda dapat melatih gerakan yang melibatkan perut atas, perut bawah, serta melakukan gerakan rotasi.

 

2. Takut Menggunakan Beban Tambahan

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Otot perut memang mudah digarap hanya dengan memanfaatkan bobot tubuh Anda dan ada banyak gerakan bodyweight untuk melatih perut. Tapi, semakin kuat perut Anda, semakin banyak repetisi dan waktu yang diperlukan untuk melatihnya.

Maka dari itu, tak ada salahnya melakukan gerakan perut dengan memanfaatkan tambahan beban. Lakukan set dengan repetisi rendah sampai sedang menggunakan beban yang menantang.

 

3. Terlalu Nyaman Dengan Rutinitas Perut Anda

Image credit: outsideonline.com
Image credit: outsideonline.com

Terjebak dalam zona nyaman adalah musuh utama bagi latihan Anda — tak terkecuali bagi otot perut. Makanya, jangan terlena dengan gerakan serta jumlah set dan rep yang itu-itu saja. Lakukan beragam variasi gerakan dan tambah beban secara bertahap bila diperlukan.

 

4. Punggung Terlalu Lurus

Image credit: thestarttofitness.com
Image credit: thestarttofitness.com

Punggung yang lurus memang diperlukan untuk memperoleh bentuk yang sempurna dari gerakan-gerakan seperti deadlift, bent-over row, dan squat. Kebiasaan ini seringkali terbawa pada saat melatih otot perut.

Padahal, ketika posisi punggung Anda lurus, abdomen Anda tidak bisa mengkontraksikan otot secara aktif. Maka dari itu, untuk melakukan gerakan perut yang benar, Anda perlu melengkungkan punggung secara terkontrol.

 

5. Beristirahat di Sela-Sela Rep

Image credit: robrichesfitness.com
Image credit: robrichesfitness.com

Ketika melatih otot perut, Anda harus mempertahankan tegangan otot selama set berlangsung. Untuk itu, bila Anda berlatih dengan kabel atau alat, jangan biarkan pelat beban menyentuh dasar di antara rep.

Saat Anda membiarkan beban menyentuh dasar, meski hanya sekejap, Anda kehilangan tensi otot dan membuat latihan Anda kurang optimal. Hal ini juga berlaku untuk latihan bodyweight.

 

6. Menggunakan Momentum Saat Berlatih

Image credit: ironmanmagazine.com
Image credit: ironmanmagazine.com

Praktisi yang kurang berpengalaman terkadang berusaha untuk melakukan latihan perut dengan rep sebanyak mungkin dan secepat mungkin. Gerakan yang cepat bisa menimbulkan momentum. Ini justru bisa menghilangkan manfaat gerakan dari perut Anda.

Alih-alih mencapai target angka tertentu, lebih baik fokuskan latihan perut Anda pada repetisi yang berkualitas sehingga Anda benar-benar membuat otot perut bekerja keras.

 

7. Menarik Leher

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Apakah Anda melakukan sit-up dengan tangan di belakang kepala? Sebagian orang menggunakan tangannya untuk menarik kepala sebagai bantuan saat sit-up. Padahal, leher jelas tak ada hubungannya dengan otot perut. Anda justru riskan menciderai tulang leher Anda.

Agar latihan perut Anda aman, pastikan Anda memperhatikan posisi tulang punggung, terutama leher. Daripada meletakkan tangan di belakang kepala, lebih baik silangkan lengan Anda di depan dada.

 

8. Pola Makan yang Keliru

Image credit: telegraph.co.uk
Image credit: telegraph.co.uk

Jangan remehkan pola diet Anda. Sebab, pola makan yang keliru bisa menjauhkan Anda dari perut six-pack, lho. Tambahan 500 kalori setiap hari jelas tak bisa disingkirkan hanya dengan latihan perut saja.

Kalori yang menumpuk akan tertimbun sebagai lemak yang bisa menutupi otot perut Anda. Makanya, bila six-pack menjadi idaman Anda, maka berhati-hatilah dengan makanan yang Anda santap.

 

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, mudah-mudahan Anda semakin dekat dengan bentuk perut impian Anda. Selamat berlatih!