8 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Memilih Gym

8 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Memilih GymProgramFitnes.com – Ketika ingin mencoba restoran baru, Anda mungkin meminta rekomendasi teman Anda, membaca review, atau mengecek menu yang tersedia. Jika Anda menyukainya, Anda akan datang berkunjung lagi ke sana, tapi bila tidak, itu akan menjadi kunjungan pertama dan terakhir.

Menemukan gym yang tepat kurang lebih sama dengan mencari restoran baru. Gym yang baik bagi Anda akan memiliki kecocokan dengan diri Anda serta membuat termotivasi untuk datang kembali dan berlatih secara rutin.

Bedanya, bergabung ke sebuah gym memerlukan sebuah komitmen, makanya jangan sampai keliru saat memilih gym. Untuk itu, Anda patut mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan untuk bergabung dengan salah satu gym di kota Anda.

1Lokasi

Lokasi menentukan prestasi. Kalau Anda memilih gym yang jauh dari kantor atau tempat tinggal, yakin bisa datang dengan konsisten? Gym yang paling pas buat Anda mestinya terletak di antara tempat tinggal dan kantor atau kampus Anda agar lebih mudah dijangkau di tengah jadwal yang sibuk.

2Jam Operasional

Apakah gymnya buka di saat Anda paling sering menggunakannya? Ada gym yang buka sampai 24 jam sehari, ada juga yang tutup pada akhir pekan. Baik Anda berlatih pada pagi hari, sore hari, maupun malam hari, pastikan jam operasional gym sesuai dengan jadwal Anda, sehingga uang keanggotaan tidak terbuang percuma.

3Anggota Gym

Salah satu hal yang membuat Anda betah di sebuah gym adalah kenyamanan yang Anda rasakan terhadap anggotanya. Seperti halnya sebuah komunitas, gym yang Anda pilih sebaiknya tidak membuat malu atau terkucil. Gym yang terlalu ramai juga kurang nyaman karena ini berarti Anda mesti mengantri untuk menggunakan alat latihan.

4Staf

Serupa dengan anggota, staf di gym pilihan Anda juga sebaiknya ramah dan suportif, siap untuk menjawab pertanyaan atau mengarahkan karena mereka ada untuk mengoptimalkan latihan Anda. Cari tahu juga kualifikasi personal trainer pada gym tersebut.

5Kebersihan

Faktor yang satu ini bisa saja tidak langsung tampak saat pertama kalinya Anda menginjakkan kaki di gym. Pastikan handuk untuk mengelap alat usai digunakan selalu tersedia. Anda juga bisa memperhatikan bagaimana standar kebersihan yang diberlakukan oleh staf gym. Intip pula ruang ganti dan kamar mandi karena Anda akan sering menggunakannya.

6Peralatan

Apakah peralatan yang “populer” cukup jumlahnya? Atau anggota harus mengantri untuk menggunakannya? Lalu, pastikan juga apakah gym tersebut memiliki peralatan yang cukup lengkap untuk menunjang latihan Anda. Waspadalah dengan peralatan yang rusak karena ini merupakan salah satu indikasi bahwa gym itu kurang terawat.

7Kelas

Gym juga umumnya menawarkan kelas kebugaran yang bisa Anda ikuti. Pastikan bahwa kelas yang Anda inginkan ditawarkan di sana dan sesuai dengan jadwal Anda. Cari tahu juga apakah gym tersebut membebankan biaya tambahan untuk setiap kelas yang diikuti.

8Biaya

Biaya mungkin menjadi faktor penentu dalam memilih gym. Sejumlah gym menawarkan biaya pendaftaran gratis yang bisa dimanfaatkan dan Anda juga sebaiknya mencari tahu jadwal pembayaran biaya keanggotaan. Dan yang paling penting, apakah biayanya sesuai dengan budget Anda? Pastikan biaya yang Anda bayarkan sesuai dengan ekspektasi soal layanan gym tersebut.

Nah, lewat berbagai pertimbangan di atas, mudah-mudahan Anda bisa menemukan gym “jodoh” yang sesuai harapan dan membuat Anda makin termotivasi untuk hidup sehat.

BAGIKAN