8 Penyebab Anda Gagal Memangkas Lemak di Tubuh

8 Penyebab Anda Gagal Memangkas Lemak di Tubuh
Image credit : www.muscleandfitness.com

ProgramFitnes.com – Banyak orang datang ke gym tak hanya ingin membentuk otot, tapi juga hendak memangkas kelebihan lemak di tubuh dan menurunkan berat badan. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang telah menghabiskan banyak waktu untuk berlatih di gym tapi belum juga berhasil menghilangkan lemak seperti yang diharapkan. Mungkin saja, anda salah satunya.

Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan anda gagal memangkas lemak tubuh dan mendapatkan berat badan yang diidamkan. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, siapa tahu anda lebih mudah mendapatkan bobot tubuh ideal yang menjadi tujuan sejak awal. Mari simak sejumlah penyebabnya di sini:

1. Makan Terlalu Banyak

Image credit: authoritynutrition.com
Image credit: authoritynutrition.com
jual suplemen fitnes

Meski kesalahan yang satu ini tampak jelas, banyak orang yang tidak memperhatikan seberapa banyak kalori yang mereka konsumsi setiap harinya. Sebagai contoh, salad memang tampak sehat, tapi dressing, saus, dan minyaknya bisa membuat asupan kalori anda melonjak. Selain itu, cemilan-cemilan yang tampak sepele juga bisa membuat anda menimbun banyak kalori.

Penurunan berat badan bisa berhasil bila pengeluaran kalori anda melebihi jumlah asupannya setiap hari. Makanya, penting bagi anda untuk menjaga asupan kalori agar tak melebihi yang seharusnya. Salah satu cara yang mudah adalah memangkas asupan karbohidrat lewat rotasi karbohidrat.

2. Tidak Mengkonsumsi Cukup Protein

Seperti Apa Wujud 30 Gram Protein Itu
Image credit: lifehacklane.com

Protein tak hanya berguna untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot seusai latihan, makronutrien ini juga bisa membantu anda memangkas berat badan. Mengkonsumsi protein yang cukup membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah anda makan berlebihan.

Dengan pola makan yang tinggi protein di setiap hidangan alih-alih tinggi karbo, anda akan mendapati penurunan berat badan secara berangsur-angsur.

3. Mengkonsumsi Minuman Manis Terlalu Banyak

Image credit: blog.soletreadmills.com
Image credit: blog.soletreadmills.com

Satu-satunya cairan yang dibutuhkan tubuh adalah air. Tentu, anda boleh menikmati kopi, teh, dan susu. Namun, sebaiknya hindari konsumsi minuman manis seperti soda serta minuman olahan lainnya. Minuman semacam ini mengandung gula tambahan yang tak sedikit, sehingga bisa membuat asupan kalori harian anda meningkat pesat.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat Secara Berlebihan

Image credit: theblueroom.bupa.com.au
Image credit: theblueroom.bupa.com.au

Makanan sehat memang baik bagi diet, tapi bukan berarti anda boleh memakannya sebanyak yang disuka. Sejumlah makanan sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan, tapi mereka juga memuat kalori yang tak sedikit jumlahnya.

Makanya, tetap penting untuk menjaga asupan makanan sehat ini dengan mengkonsumsi secukupnya saja. Untuk membuat anda makin kenyang, tambahkan sayuran hijau yang kaya mikronutrien dan rendah kalori.

5. Latihan Anda Belum Cukup Intens

Image credit: fitnhit.com
Image credit: fitnhit.com

Latihan yang intens adalah salah satu kunci untuk memangkas lemak di tubuh anda. Itulah sebabnya, anda perlu meningkatkan intensitas latihan anda secara bertahap. Jangan terlalu nyaman dengan beban yang ringan, sebab hal ini bisa membuat progres penurunan berat badan anda menjadi stagnan.

Untuk menghilangkan lemak, latihan anda haruslah menguras energi sehingga komposisi tubuh anda bisa berubah. Mengangkat beban yang itu-itu saja hanya akan membuat anda makin jauh dari target bobot anda.

6. Terlalu Sering Melakukan Latihan Kardio Intensitas Rendah

Image credit: www.topcardioinfo.com
Image credit: www.topcardioinfo.com

Kardio berbeda dengan latihan beban karena ia melatih aspek kebugaran yang sama sekali berbeda. Jadi, jangan mengira bahwa berlari di treadmill selama 1 jam membuat anda mendapatkan hasil yang sama dengan latihan beban dalam durasi yang sama.

Bila anda menginginkan latihan kardio, buatlah sebagian latihan anda menjadi sesi latihan full-body interval dengan intensitas tinggi atau HIIT. Dengan begitu, anda dapat melatih sistem kardiovaskular sekaligus otot anda.

7. Stres

Image credit: www.dekrantenkoppen.com
Image credit: www.dekrantenkoppen.com

Stres merupakan salah satu musuh utama yang perlu anda waspadai. Ketika stres, tubuh anda memproduksi hormon kortisol melebihi normal. Kadar kortisol yang meningkat pesat inilah yang menjadi salah satu penyebab bertambahnya penyimpanan lemak di tubuh. Meski diet dan latihan anda baik, stres yang berlebihan bisa mengacaukan usaha anda mendapatkan berat badan ideal.

Untuk mengatasinya, coba lakukan hal-hal yang membuat anda merasa rileks setiap hari. Lakukan yoga, membaca buku, menonton film, atau 10-15 menit meditasi sederhana.

8. Kurang Tidur

Image credit: eastcountyoralsurgery.net
Image credit: eastcountyoralsurgery.net

Seperti halnya stres, kurang tidur juga memicu kenaikan kortisol. Selain itu, sensitivitas insulin anda juga menurun, sehingga membuat usaha memangkas lemak anda menjadi tidak optimal.

Bila anda ingin mencapai bobot target anda lebih cepat, tidur yang cukup sama sekali tak boleh terlewatkan. Pastikan anda tidur setidaknya 7-8 jam sehari dan kurangi penggunaan alat elektronik menjelang tidur.

Nah, lewat informasi di atas, mudah-mudahan anda segera mengetahui hal apa yang menghalangi anda memangkas lemak. Stay fit!

jual suplemen fitnes