8 Tips Diet Untuk Membentuk Tubuh Bagi Vegetarian

ProgramFitnes.com – Memenuhi nutrisi untuk membentuk tubuh memang menjadi tantangan tersendiri bagi vegetarian. Terutama karena Anda tidak memperoleh protein dari daging, Anda perlu memutar otak untuk mendapatkan protein dari sumber nabati.

Tapi, bukan berarti vegetarian tak bisa mendapatkan tubuh yang kekar, lho. Lewat delapan tips berikut, Anda yang vegetarian pasti takkan kesulitan mendapatkan bentuk tubuh idaman!

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Image credit: alldaybodybuilding.com
Image credit: alldaybodybuilding.com

Merencanakan hidangan Anda adalah kunci sukses untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan dalam membentuk otot. Dengan rencana makan yang baik, kebutuhan kalori dan makro Anda dapat terpenuhi, sehingga Anda tetap kuat dan berenergi baik saat latihan maupun di luar latihan.

2. Jaga Cemilan Dalam Jangkauan

Image credit: chatelaine.com
Image credit: chatelaine.com

Cemilan adalah cara ampuh untuk menjaga tingkat energi Anda. Tentunya, pilih cemilan yang sehat agar tidak menyebabkan kegemukan. Protein bar, biji bunga matahari, dan kacang adalah cemilan yang ideal.

3. Makan Lebih Sering

Image credit: www.samedaysupplements.com
Image credit: www.samedaysupplements.com

Agar lebih mudah memenuhi kebutuhan kalori, protein dan asam amino, makan lebih sering adalah cara yang sederhana untuk dilakukan. Hal ini terutama bila Anda kesulitan memenuhi kebutuhan makro dalam satu hidangan; membaginya menjadi dua hidangan jelas lebih gampang.

4. Konsumsi Whey Protein

Peran Whey Protein Dalam Program Diet
Image credit: twitter.com

Whey protein menjadi salah satu suplemen makanan wajib bagi vegetarian. Anda akan jauh lebih mudah memenuhi kebutuhan protein harian tanpa konsumsi daging. Pilihlah whey yang cocok bagi tubuh dan rasanya sesuai dengan lidah Anda.

5. Tingkatkan Asupan Sumber Protein Nabati

Image credit: nationalgeographic.co.id
Image credit: nationalgeographic.co.id

 

Selain whey, Anda juga bisa memperoleh protein nabati dari sumber-sumber tepercaya. Beberapa sumber protein nabati antara lain tahu dan tempe, polong-polongan, lentil atau miju-miju, kapri, oat, kacang-kacangan, kecambah, serta sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

6. Penuhi Kebutuhan Asam Amino

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Asam amino esensial memiliki peran yang sangat penting bagi pembentukan otot. Anda bisa memperoleh asam amino dari kedelai, selai kacang, kacang polong, kentang, bayam, dan alpukat. Bila Anda mengkonsumsi telur, jangan lewatkan juga sumber asam amino yang satu ini.

7. Dapatkan Zat Besi dari Sayuran Hijau

Spinach-1
Image credit: thecomfortofcooking.com

Zat besi dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga proses metabolik yang vital. Makanya, jangan sampai Anda kekurangan zat besi. Mineral ini bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau. Bayam dan brokoli adalah salah satu sumber terbaik untuk memperoleh zat besi.

Nah, lewat sejumlah tips di atas, Anda yang vegetarian tentu tak lagi kesulitan untuk memenuhi asupan nutrisi untuk membentuk tubuh Anda, ‘kan? Selamat mencoba!