8 Tips Membentuk Otot Secara Maksimal Dalam Waktu Singkat

8 Tips Membentuk Otot Secara Maksimal Dalam Waktu SingkatProgramFitnes.com – “Waktu adalah uang.” Pepatah ini tidaklah berlebihan, apalagi di zaman yang serba cepat seperti sekarang. Meski sibuk, kesehatan dan kebugaran adalah hal yang tak dapat ditawar. Makanya, kita ingin memanfaatkan waktu yang singkat untuk mendapatkan hasil yang maksimal, agar kita bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk melakukan aktivitas lainnya.

Anda mungkin sudah paham bagaimana membakar kalori secara optimal lewat kardio dalam waktu singkat, misalnya dengan meningkatkan intensitas. Tapi, bagaimana jika anda juga ingin membentuk otot lewat latihan beban? Beban yang lebih berat atau repetisi yang lebih banyak bukan berarti hasil yang lebih memuaskan. Tapi, anda bisa melakukan tips berikut untuk membantu membentuk otot secara maksimal dalam waktu singkat.

jual suplemen fitnes

1. Coba Compound Exercise atau Latihan Gabungan

Seperti namanya, compound exercise atau latihan gabungan berarti menggabungkan dua bentuk latihan menjadi satu latihan yang lebih efektif. Latihan compound melatih berapa kelompok otot dan sendi untuk bergerak bersamaan dalam satu waktu. Latihan ini berbeda dari isolation exercises yang hanya menggunakan satu gerakan untuk melatih satu kelompok otot.

Latihan compound tak cuma lebih fungsonal untuk membentuk otot, tapi juga membantu anda mendapatkan hasil yang lebih optimal dengan memangkas waktu sampai setengahnya. Misalnya, alih-alih melakukan 3 set squat dan 3 set overhead press (total 6 set) secara terpisah, anda bisa melakukan keduanya secara bersamaan lewat barbell squat.

2. Lupakan Menggunakan Alat Fitnes dan Beralihlah ke Dumbbell

Daripada membuang waktu mengantre dan beralih dari alat fitnes yang satu ke yang lainnya, anda bisa beralih menggunakan free weight dumbbell untuk melatih otot yang diinginkan. Dumbbell membantu anda mengembangkan kekuatan dan ketahanan.

Alat sederhana ini juga mengaktifkan lebih banyak serat otot dibanding alat latihan lain karena anda dipaksa untuk menjaga bentuk gerakan serta postur yang benar saat melakukan masing-masing gerakan (berbeda dengan mesin latihan yang menahan tubuh anda pada posisi yang tepat).

3. Latih Satu Sisi Tubuh dalam Satu Waktu (Unilateral Training)

Tips ini mungkin terdengar berlawanan dengan tips pertama. Tapi, sejumlah latihan unilateral training dapat membantu anda mendapatkan hasil yang optimal. Latihan unilateral ini membantu meningkatkan kekuatan core dengan mengerahkan otot abdomen dan lower back anda untuk mempertahankan postur, keseimbangan, dan koordinasi pada tiap latihan.

Untuk menggandakan hasilnya, anda bisa mengkombinasikan latihan unilateral pada satu sisi upper dan lower body dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, dengan melakukan single-arm dumbbell curl sambil berdiri dengan satu kaki.

4. Lakukan Circuit Training

Circuit training menggabungkan aerobik dan latihan strength-training yang dibagi ke dalam beberapa pos. Tapi, anda tetap bisa melakukan circuit training tanpa menambahkan unsur aerobik dengan berpindah dari gerakan strength training yang satu ke gerakan yang lain sambil meminimalkan waktu beristirahat. Untuk meningkatkan pembakaran kalori dan pembentukan otot, anda bisa menggunakan beban yang lebih berat dengan repetisi yang lebih sedikit untuk tiap-tiap gerakan.

Tips tambahan untuk Strength-Training yang lebih efisien :

  • Tambahkan latihan lain di antara tiap set. Pendekatan ini bisa memangkas waktu latihan Anda sekitar 10-15 persen. Beri jeda 60 detik di antara tiap set dan gunakan waktu ini untuk melatih kelompok otot yang lain seperti abdomen dan lower back. Anda juga bisa mengisinya dengan stretching.
  • Bawa botol air. Selain menjaga anda tak kekurangan cairan, juga dapat memangkas waktu untuk bolak-balik mengambil air.
  • Hindari jam-jam ramai. Gym biasanya ramai di sore hari antara jam 4 sore sampai 8 malam. Rencanakan untuk berlatih di luar jam-jam ramai agar anda tidak perlu membuang waktu mengantre alat (dan mengurangi anda ngobrol dengan member lain).
  • Latih otot core Anda. Jika hanya punya beberapa menit lagi untuk latihan, fokuskan untuk melatih otot abdominal anda. Ini adalah salah satu otot yang paling penting di tubuh yang membantu melindungi lower back, membantu pencernaan dan menjaga postur.

Nah, kini anda semakin paham bagaimana cara membentuk otot secara maksimal dalam waktu singkat. Jangan lupa berkonsultasi dengan personal trainer untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu agar latihan anda lebih efisien. Selamat mencoba.

jual suplemen fitnes