9 Makanan Sumber Protein Alternatif yang Seringkali Dianggap Remeh

ProgramFitnes.com – Konsumsi protein yang cukup tak hanya penting untuk membangun dan mempertahankan otot, tapi juga berguna untuk menjaga agar tubuh tetap mendapat asupan gizi yang baik. Tapi, sumber protein yang itu-itu saja, seperti dada ayam, putih telur, dan whey protein rasanya bisa terasa membosankan di lidah.

Untuk menyiasatinya, anda perlu sedikit berimprovisasi dengan makanan kaya protein lain. Sayangnya, makanan-makanan ini seringkali dipandang sebelah mata oleh kita. Inilah 9 makanan yang bisa menjadi sumber protein alternatif anda.

1Kedelai

Anda pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Di antara jenis kacang-kacangan, kacang kedelai memiliki konsentrasi protein paling tinggi, sekitar 22-29 gram per cangkir sajian. Selain itu, kedelai juga kaya dengan asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Lagipula, kedelai sangat mudah ditemukan dalam makanan nan sederhana seperti tahu dan tempe.

2Lentil

Lentil adalah jenis kacang-kacangan berbentuk mungil dan pipih yang biasa tumbuh di daerah Asia Tengah seperti Turki, India, dan Maroko. Lentil biasa digunakan sebagai bahan untuk sup maupun campuran salad. Tiap cangkir sajian lentil mengandung sekitar 15 gram protein. Kacang-kacangan yang satu ini juga kaya serat dan vitamin B1.

3Kacang Tanah

Tak hanya enak dijadikan cemilan di saat senggang, kacang tanah juga bisa anda jadikan sebagai salah satu asupan protein alternatif. Satu ons kacang tanah mengandung sekitar 7-9 gram protein. Tak hanya itu, kacang tanah juga mengandung berbagai vitamin, mineral, serta folat yang sangat penting bagi tubuh.

4Almond

Kacang almond juga layak anda jadikan sebagai sumber protein alternatif. Almond mengandung sekitar 6 gram protein tiap onsnya. Selain berkontribusi bagi kesehatan jantung dan sumber antioksidan, kandungan nutrisi dalam almond juga dapat menjaga berat badan anda.

5Tiram

Anda penggemar makanan laut? Anda bisa memanfaatkan tiram sebagai sumber protein alternatif. Makanan yang satu ini ternyata kaya akan protein; setiap 8 ons tiram mengandung 18 gram protein atau setara dengan 35 persen kebutuhan protein harian anda. Tiram juga menjadi sumber yang baik bagi mineral besi, selenium, yodium, serta vitamin D, B1, dan asam lemak omega-3.

6Ikan Teri

Tak perlu gengsi untuk mengkonsumsi ikan teri. Soalnya, ikan teri yang dianggap “makanan rakyat jelata” ini ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Setiap 100 gram ikan teri kering mengandung sekitar 33 gram protein. Ikan teri juga sarat dengan nutrisi lainnya, seperti kalsium, zat besi, fosfor, serta vitamin A dan B.

7Brokoli

Brokoli si sayuran hijau kribo ini tak cuma terkenal sebagai sumber kalsium. Kandungan proteinnya juga tidak boleh dianggap remeh. Tiap 100 gram brokoli mengandung sekitar 3 gram protein atau 5 persen dari kebutuhan protein harian anda. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk memerangi sel kanker, lho.

8Keong

Meskipun gak begitu lazim, keong ternyata bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pangan sumber protein. Tidak main-main, setiap 100 gram keong ini mengandung sekitar 16 gram protein. Keong yang biasa dikonsumsi adalah keong mas dan keong sawah.

9Serangga

Ya, anda tidak salah baca. Serangga sudah biasa disajikan sebagai lauk di beberapa tempat di Indonesia, seperti belalang goreng di kawasan Gunung Kidul maupun ulat sagu yang biasa dijadikan santapan nikmat di Papua. Meski kadang bikin geli, serangga ternyata bisa menjadi sumber protein alternatif yang menjanjikan. Apalagi, konon serangga bakal menjadi salah satu alternatif makanan manusia di masa depan.

BAGIKAN