Benarkah Olahraga Angkat Beban Tidak Mengenal Usia??

Benarkah Olahraga Angkat Beban Tidak Mengenal Usia??ProgramFitnes.com – Pertanyaan ini sering sekali kita dengar, “kapankah waktu atau umur yang tepat untuk memulai fitnes?” banyak sekali jawaban dari pertanyaan ini, namun hanya sedikit yang menjawabnya dengan benar.

Apabila anda masih remaja dan dalam usia pertumbuhan, sebenarnya tidak ada salahnya melakukan olahraga angkat beban. Anda tidak harus takut tidak akan bertambah tinggi, karena berdasarkan jurnal American Journal Of Sport & Medicine yang melakukan  penelitian aman atau tidaknya latihan beban bagi 18 anak lelaki berusia 8 tahun. Kedelapan belas anak ini diharuskan menjalani suatu program latihan selama 14 minggu sebanyak 3 kali sesi latihan per minggu dan 45 menit setiap sesinya. Program ini dilakukan dengan pengawasan yang ketat terhadap tekanan darah, detak jantung, dan terutama efek latihan terhadap pertumbuhan, fleksibilitas, dan syaraf.

jual suplemen fitnes

Dari penelitian tersebut, ternyata tidak ada pengaruh yang signifikan antara olahraga angkat beban dan pertumbuhan. Program latihan yang dijalankan tidak mempengaruhi kesehatan tulang, otot, atau organ tubuh lainnya. Sehingga olahraga angkat beban tidak mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, fleksibilitas atau kerja syaraf dari kedelapan belas anak tersebut.

Apabila anda seoarang remaja yang  ingin mulai berolahraga angkat beban, sebaiknya menggunakan beban sesuai dengan kekuatan anda dan frekuensi latihan yang tidak terlalu berat untuk menghindari overtraining. Apabila anda melakukannya dengan benar, justru akan meningkatkan kesehatan, daya tahan, stamina, dan bentuk tubuh. Selain itu, anda juga harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anda dalam hal ini seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan tentunya kalsium untuk kesehatan tulang anda.

Namun bagaimana bagi anda yang sudah memasuki umur kepala empat, apakah masih pantas untuk melakukan olahraga angkat beban? Jawabannya ialah masih pantas, olahraga tidak dibatasi oleh umur termasuk angkat beban, kuncinya ialah anda harus menyadari perubahan fisik seperti lambatnya masa pemulihan, massa otot yang tidak sebanyak saat masih muda, menurunnya metabolisme, dan stamina yang tidak sekuat dulu. Hal-hal ini perlu anda perhatikan.

Bagi anda yang sudah berumur, harus memperhatikan intensitas latihan . Tidak disarankan untuk melakukan latihan berintesitas tinggi. Angkat beban masih diperbolehkan dengan mengacu pada kemampuan tubuh anda, dan disarankan juga melakukan latihan cardio karena cardio mampu meningkatkan stamina dengan cara meningkatkan kinerja paru-paru dan jantung sehingga berdampak pada peningkatan kekuatan, mempercepat recovery otot dan akan membakar lemak yang berlebih. Tipe latihan kardio boleh apa saja baik itu treadmill atau jogging.

Kesimpulannya ialah olaharga angkat beban merupakan olahraga yang tidak mengenal usia, dapat dilakukan oleh berbagai macam kelompok umur, anak-anak, remaja, orang tua. Selama tubuh anda masih mampu, masih kuat, memiliki motivasi untuk hidup sehat maka anda dapat berolahraga angkat beban kapan saja dan dimana saja.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN