Berat Badan Turun Lebih Cepat Lewat Cara Makan yang Perlahan

ProgramFitnes.com – Bagaimana cara Anda menikmati makanan? Apakah dengan menelannya cepat-cepat atau mengunyahnya perlahan? Buat Anda yang hendak menurunkan berat badan, ternyata hal ini ada pengaruhnya dengan gol Anda.

Makan terlalu cepat dan rakus tak hanya membuat Anda tampak kurang sopan, tapi juga membuat Anda makin sulit menurunkan berat badan. Solusinya adalah dengan menikmati makanan secara perlahan.

jual suplemen fitnes

Tapi, bagaimana ini bisa berpengaruh dengan penurunan berat badan Anda? Mari cari tahu!

Otak Butuh Waktu Untuk Menerima Sinyal Kenyang

Image credit: livingfuel.com
Image credit: livingfuel.com

Peneliti telah menyimpulkan bahwa makan terburu-buru dapat menghalangi sinyal kenyang tubuh yang memberi tahu otak Anda kapan waktunya berhenti makan. Hal ini bisa membuat Anda merasa lapar lagi beberapa saat kemudian, meski Anda baru saja mengkonsumsi ratusan kalori.

Tapi, menahan diri pada suapan selanjutnya dapat membantu Anda mengurangi asupan makanan. Menurut sebuah studi, ketika makan cepat-cepat, Anda akan mengkonsumsi lebih banyak kalori total. Semakin makannya melambat, asupan makanan juga semakin berkurang.

Bila Anda adalah hardgainer, cara makan cepat mungkin adalah angin segar untuk meningkatkan berat badan. Tapi bila sebaliknya, Anda sebaiknya mulai belajar makan lebih lambat.

Teori Ini Telah Diuji dan Hasilnya Mengejutkan

Image credit: huffingtonpost.ca
Image credit: huffingtonpost.ca

Untuk menguji teori tersebut di lapangan, kelompok peneliti dari¬†Texas Christian University telah melakukan studi yang melibatkan 70 individu — setengahnya mengalami kelebihan berat badan.

Mereka lantas disediakan porsi besar pasta dan air mineral. Masing-masing subjek sama-sama melalui aturan pola makan cepat dan lambat secara terpisah.

Hasilnya cukup mengejutkan. Rata-rata mereka yang makan cepat mengkonsumsi makanan dalam 9 menit, sementara yang lambat 21 menit. Pemakan cepat mengkonsumsi rata-rata 102 kalori per menit, sementara pemakan lambat hanya 39 kalori per menit, sehingga pemakan cepat mengkonsumsi 99 kalori lebih banyak.

Hasil ini memang tidak terlihat banyak. Tapi, bila Anda melakukannya setiap kali makan sehari-hari, dampaknya bisa sangat signifikan dan mempengaruhi komposisi tubuh Anda secara negatif.

Perut Anda Mengukur Volume, Bukan Kalori

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Pilihan makanan juga menentukan tingkat kekenyangan makanan yang Anda rasakan. Semakin tinggi volumenya, semakin mudah Anda merasa kenyang. Dengan begitu, bila Anda hendak menurunkan berat badan, Anda bisa memilih makanan-makanan yang rendah kalori tapi volumenya tinggi.

Sebagai contoh, sebungkus keripik kentang memiliki volume yang rendah dan tinggi kalori. Anda bisa menghabiskan sebungkus tanpa susah payah, sekaligus menimbun asupan kalori yang cukup banyak. Sementara, sayur-sayuran semacam brokoli sebaliknya, membuat Anda kenyang tapi tak membuat Anda menimbun kalori.

Di samping itu, minum air juga membantu menaikkan volume dan membuat Anda lebih mudah kenyang.

5 Strategi Untuk Makan Lebih Pelan

Image credit: jaisugrim.com
Image credit: jaisugrim.com

1. Nikmati Gigitan yang Lebih Kecil

Potong-potong makanan Anda menjadi seukuran biji jagung, Hal ini akan meningkatkan jumlah suapan yang diperlukan, sehingga memperlambat makan Anda.

2. Kunyah Sampai Tuntas

Cobalah untuk mengunyah setiap suapan antara 15-20 kunyahan. Hal ini membantu tubuh mengirim sinyal kenyang ke otak dan membuat Anda menikmati makanan.

3. Letakkan Alat Makan Anda

Letakkan alat makan di setiap gigitan dan nikmati percakapan dengan rekan Anda.

4. Minum Air Sebelum Makan

Agar lebih mudah kenyang, minumlah segelas air sebelum makan. Ini membuat tubuh Anda merasakan kenyang lebih cepat dan membantu mengurangi asupan makanan Anda.

5. Konsumsi Makanan Bervolume Tinggi

Nikmati makanan bervolume tinggi tapi rendah kalori seperti sayur dan buah. Mereka kaya akan air dan serat untuk membuat Anda merasa lebih kenyang, sekaligus mengandung beragam mikronutrien penting.

Bila menurunkan berat badan adalah salah satu tujuan Anda, maka tak ada salahnya mencoba cara yang satu ini. Semoga berhasil!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN