Durasi Ideal Untuk Berolahraga

Durasi Ideal Untuk BerolahragaProgramFitnes.com – Olahraga pada masa sekarang ini sudah menjadi gaya hidup wajib yang harus anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Dengan berolahraga walaupun sebentar akan berdampak sangat baik untuk tubuh anda.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Queen’s University di Ontario Kanada. Dengan berolahraga selama 30 menit dalam seminggu dianggap durasi yang ideal untuk melakukan olahraga. Dengan durasi selama itu, dianggap dapat mencegah terjadinya sindrom metabolik, yakni suatu sindrom yang menandakan gejala awal penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol, dan diabetes.

jual suplemen fitnes

Penelitian tentang durasi ideal olahraga ini melibatkan sebanyak 2.324 relawan dengan usia dari 18 sampai dengan 64 tahun yang tercatat pada Canadian Health Measures Survei sejak tahun 2007 sampai 2011. Seluruh relawan ini diukur dan dicatat dengan menggunakan akselerometer yang berfungsi untuk mendeteksi frekuensi, intesitas, gerakan tubuh, dan durasi.

Penelitian dilakukan dengan cara membagi relawan sebanyak dua kelompok kemudian kepada masing-masing kelompok tersebut diberikan perlakuan yang berbeda dan dipisahkan menjadi peserta yang aktif secara fisik dan tidak aktif secara fisik. Para peserta yang digolongkan aktif secara fisik diberikan latihan olahraga selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam 1 minggu. Sedangkan peserta yang digolongkan dalam kondisi tidak aktif secara fisik, diberikan tugas untuk tidak melakukan aktivitas fisik dengan durasi yang sama yaitu 30 menit selama 5 kali dalam 1 minggu.

Hasilnya pun sangat mengejutkan. Para peneliti mengungkapkan bahwa antara peserta yang aktif secara fisik memiliki kecendrungan lebih rendah untuk terkena sindrom metabolik dibandingan dengan kelompok peserta yang tidak aktif secara fisik. Laporan penelitian ini telah dipublikasikan oleh Journal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan berolahraga minimal 150 menit selama 5 kali dalam 1 minggu dengan durasi minimal 30 menit per sesi olahraga akan meningkatkan kesehatan dan akan membuat anda terhindar dari resiko terkena penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.  Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga bukan?

jual suplemen fitnes
BAGIKAN