Hubungan Jerawat Dengan Berolahraga

Hubungan Jerawat Dengan BerolahragaProgramFitnes.com – Jerawat adalah hal kecil yang selalu muncul tiba-tiba di wajah dan tubuh anda. Bahkan bagi beberapa orang, jerawat dapat mengurangi rasa percara diri.

Beberapa pakar kesehatan kulit menyatakan bahwa berolahraga dapat mencegah kulit wajah dan tubuh berjerawat, meski tidak ada kaitan langsung antara jerawat dan olahraga. Namun yang pasti, tubuh yang bugar adalah hasil dari berolahraga. Selain itu, berolahraga dapat memingkatkan metabolime tubuh dan membantu meredakan produksi sebaceous (kelenjar minyak) secara berlebihan. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan bisa memicu timbulnya jerawat.

jual suplemen fitnes

Sebenarnya, olahraga juga dapat memicu timbulnya jerawat. Namun anda tidak perlu khawatir sehingga anda tidak berolahraga rutin lagi karena takut berjerawat. Terdapat beberapa tips sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat akibat berolahraga.

1. Jangan menyentuh wajah saat berolahraga

Tidak bisa dipungkiri tangan adalah anggota tubuh yang selalu bersentuhan dengan apa saja. Karena itu, tangan adalah media yang tepat untuk menyebarkan bakteri ataupun kuman penyebab penyakit termasuk jerawat. Pada saat berolahraga sebisa mungkin hindarkan tangan anda untuk menyentuh wajah sendiri agar menghindari penyebaran bakteri atau kuman pada kulit wajah anda.

2. Secepatnya mandi setelah berolahraga

Segeralah mandi setelah berolahraga karena pakaian olahraga menjebak keringat pada kulit dan menyumbat pori-pori kulit, hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Rajin membersihkan peralatan berolahraga

Rajinlah mebersihkan peralatan olahraga yang sering anda pakai untuk menghindari penumpukkan bakteri.

4. Secepatnya mencuci wajah setelah berolahraga

Setelah berolahraga, segeralah mencuci wajah anda dengan air dingin karena keringat cenderung menarik bakteri yang menyebabkan jerawat. Dengan mencuci wajah anda dapat membersihkan muka dari jerawat dan bakteri penyebab jerawat.

5. Pakailah pakaian berbahan katun yang longgar saat berolahraga

Kenakanlah pakaian berbahan katun saat berolahraga karena bahan katun dapat mencegah penumpukkan keringat di kulit anda.

jual suplemen fitnes