Jangan Lakukan 7 Hal Ini Usai Latihan!

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Usai Latihan!ProgramFitnes.com – Setiap orang tentu menginginkan hasil latihan yang maksimal. Apalagi, anda telah meluangkan waktu, tenaga, serta uang untuk berlatih. Makanya, jangan sampai efek latihan anda jadi berkurang atau bahkan menghilang gara-gara kesalahan sepele.

Nah, bila sebelumnya ProgramFitnes pernah membahas tentang hal-hal yang sebaiknya tidak anda lakukan sebelum dan selama latihan, kali ini kita akan membahas hal-hal yang tidak boleh dilakukan seusai latihan agar latihan anda tidak jadi sia-sia.

1Mengabaikan Peregangan

Setelah latihan anda selesai, jangan sampai abai untuk melakukan peregangan pada otot yang baru saja anda latih. Peregangan membantu otot anda pulih lebih cepat, membuat tubuh anda lebih lentur, serta meningkatkan proses perkembangan otot. Tidak melakukan peregangan usai latihan? Bersiaplah mengalami kelelahan otot yang lebih lama, dan terkadang serangan kram.

2Melakukan Latihan Kardio Berlebihan

Tidak ada salahnya melakukan latihan kardio setelah latihan beban, maksimal 20-30 menit. Tapi, jika anda melakukan latihan kardo secara berlebihan, mekanisme fisiologis dan hormonal anda akan terhambat dan menimbulkan hipertrofi otot. Sebaiknya anda melakukan kardio dan latihan beban secara terpisah, kurang lebih 5 jam.

3Telat Makan

Setelah latihan yang intens di gym, tubuh anda sangat membutuhkan nutrisi, terutama asam amino dan karbohidrat. Tubuh anda memerlukan nutrisi ini untuk memulihkan sel otot yang rusak dan memberi makan sistem saraf yang mengalami kelelahan. Makanya, pastikan anda mengkonsumsi makanan kaya nutrisi tidak lebih dari 15-20 menit setelah latihan.

4Mengecualikan Karbo yang Cepat Diserap

Seperti yang diungkap di poin sebelumnya, karbohidrat memiliki peranan yang sangat penting pada nutrisi seusai latihan. Tubuh anda mengutamakan penyerapan karbohidrat untuk mengisi ulang glikogen pada otot. Untuk itu, karbo dengan indeks glikemik (GI) tinggi yang mudah diserap tubuh justru menjadi pilihan yang tepat.

Karbohidrat dari makanan seperti nasi putih dan kue berbahan tepung terigu dapat masuk ke aliran darah dengan segera, sehingga menaikkan level insulin dan membantu menghantarkan nutrisi ke sel tubuh dengan cepat.

5Melupakan Whey Protein

Whey protein dicerna dengan sangat cepat, karena itu whey menjadi salah satu makanan yang paling dibutuhkan otot seusai latihan yang intens. Whey menyediakan asam amino yang diperlukan otot anda dan mampu menghantarkannya lebih cepat dari sumber protein lainnya. Jadi, melupakan whey seusai latihan bisa membuat perkembangan otot anda jadi tak maksimal.

6Mengkonsumsi Terlalu Banyak Lemak

Tujuan penting dari makanan pascalatihan adalah untuk memastikan bahwa karbo dan asam amino mencapai aliran darah untuk didistribusikan ke sel otot secepat mungkin. Mengkonsumsi lemak terlalu banyak seusai latihan bisa menghambat proses ini karena lemak cukup lambat dicerna oleh tubuh anda sehingga memperlambat proses pencernaan makronutrient penting yang disebutkan sebelumnya.

7Kurang Istirahat

USA, New Jersey, Jersey City, Man sleeping in bed

Jika memungkinkan, seharusnya anda tidur sejenak selama satu jam sesaat seusai latihan untuk membantu memulihkan otot dan sistem saraf. Tapi, bagi sebagian besar orang, ini adalah hal yang mustahil. Maka dari itu, sangat disarankan untuk setidaknya menghindari aktivitas berat setelah latihan.

Beri anda waktu sejenak untuk duduk dengan rileks dan mengkonsumsi makanan pascalatihan anda. Latihan beban baru efektif bila tubuh anda mendapatkan istirahat yang cukup agar proses pemulihan dan pembentukan otot dapat berjalan optimal. Jadi, sebaiknya anda tidak begadang pada hari latihan agar anda mendapatkan porsi istirahat yang cukup.

Setelah mengetahui hal apa saja yang mesti dihindari seusai latihan, kini anda dapat mengevaluasi kegiatan pascalatihan anda dan meninggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat. Selamat berlatih!

BAGIKAN