Karbohidrat Sederhana VS Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat Sederhana VS Karbohidrat KompleksProgramFitnes.com – Pasti anda sudah mengenal nutrisi satu ini sejak anda mulai mengetahui pelajaran IPA saat anda di bangku sekolah. Karbohidrat seperti yang kita kenal adalah sumber energi utama bagi manusia, karbohidrat dapat kita dapat dari makanan sehari-hari seperti nasi, roti, dan lain-lain. Karbohidrat sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Karbohidrat sederhana atau yang biasa anda kenal sebagai gula sederhana adalah nutrisi yang dalam struktur kimianya mengandung satu atau dua molekul gula. Karena bentuk molekulnya yang sederhana ini karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat yang paling cepat diserap oleh tubuh, serta dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam tubuh anda sehingga energi dalam tubuh cepat dihasilkan. Namun kelemahannya, walaupun cepat cerap, karbohidrat sederhana menjadi cepat habis, dan tubuh cepat merasa lelah.

jual suplemen fitnes

Karena sifatnya yang cepat diserap, tubuh anda menjadi mudah merasa lapar setelah anda kehabisan stock karbohidrat dalam tubuh. Lalu anda akan sering makan yang akan mengakibatkan penumpukkan karbohidrat dalam tubuh sehingga menyebabkan kegemukan.

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana ialah, beras putih, makanan yang mengandung gula seperti permen, kue, minuman bersoda, dan lain-lain. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah jenis makanan yang wajib anda hindari saat anda menjalankan program diet untuk menghindari penumpukkan gula yang berlebihan yang dapat berubah menjadi lemak.

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat atau gula yang mengandung dua atau 3 molekul yang kompleks serta kaya serat. Karena jumlah molekulnya yang lebih banyak, karbohidrat diserap lebih lambat atau diserap secara berkala oleh tubuh anda, sehingga energi yang dihasilkan dalam tubuh berlangsung secara terus menerus dan berkala. Apabila anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tubuh anda tidak akan cepat lapar sehingga anda tidak perlu mengkonsumsinya secara terus menerus.

Karbohidrat sederhana dapat kita temukan pada makanan berbahan dasar gandum, roti gandum, oat meal, beras merah, sayur-sayuran hijau, beberapa kacang-kacangan, dan sebagian umbi-umbian. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah salah satu menu wajib untuk anda yang sedang menjalankan program diet. Namun walaupun namanya karbohidrat kompleks tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan untuk menghindari penumpukkan karbohidrat dalam tubuh anda.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN