Kelebihan dan Kekurangan Susu Kedelai

Kelebihan dan Kekurangan Susu KedelaiProgramFitnes.com – Siapa yang tidak mengenal susu kedelai, susu yang berasal dari olahan kacang kedelai ini menjadi pilihan untuk anda yang menyukai susu namun memiliki intoleransi terhadap kadar laktosa dalam susu sapi.

Dalam 1 cangkir susu kedelai yang masih murni terdapat 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak, dan tidak mengandung kolesterol. Susu kedelai sangat tinggi protein dan terbuat dari kacang yang mengandung serat lebih tinggi dari susu sapi. Karena terbuat dari kacang-kacangan, susu kedelai ini memiliki 9 kali lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan susu sapi. Selain itu, susu kedelai memiliki 10 kali lebih banyak asam lemak dibandingkan susu sapi, yang merupakan asam lemak yang baik.

Selain mengandung kadar protein yang cukup tinggi, susu kedelai juga mengandung kadar isoflavon yang sangat tinggi. Seperti kita ketahui isoflavon adalah bahan kimia mirip dengan hormon estrogen yang manfaatnya mencegah penyakit kanker, penyakit jantung, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya. Susu kedelai juga mengandung mineral mangan yang cukup tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Mangan diperlukan untuk pembentukkan tulang. Susu kedelai sangat cocok dikonsumsi penderita anemia, karena mangan diperlukan untuk menyimpan zat besi.

Susu kedelai bebas kolesterol, sehingga susu kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh, sedangkan susu sapi meningkatkan kadar kolesterol LDL. Susu kedelai menyediakan perlindungan tambahan untuk hati anda dengan tingginya kadar phytochemical.

Dibalik segala kelebihan susu kedelai, susu kedelai juga menyimpan beberapa kekurangan yang kurang menguntungkan :

1. Kelemahan utama dari susu kedelai ialah, susu kedelai tidak cukup banyak mengandung kalsium, kandungan kalsium dalam susu kedelai hanya sekitar seperempat dari kalsium yang dikandung oleh susu sapi. Masalah ini sudah dilihat oleh produsen dari susu kedelai sehingga beberapa produsen menambahkan nutrisi tambahan dalam susu kedelai berupa kalsium. Beberapa studi mengatakan bahwa kalsium tambahan ini tidak sesehat kalsium alami dalam susu sapi, ditambah lagi susu kedelai hasil buatan pabrik banyak mengandung gula dan pengawet yang kurang baik bagi tubuh manusia.

2. Asam amino yang terkandung dalam susu kedelai tidak sebanyak dalam susu sapi. Dari beberapa studi yang dilakukan, asam amino esensial dalam susu kedelai hanya sebanyak seperlima dari gram dibandingkan susu sapi.

3. Susu kedelai tidak baik untuk wanita yang memiliki penyakit kanker payudara. Beberapa studi menunjukkan meningkatkan bahaya kanker apabila mengkonsumsi protein dari susu kedelai secara berlebihan.

4. Karena kedelai banyak mengandung isoflavon yang mana isoflavon adalah zat yang identik dengan hormon estrogen yaitu hormon wanita. Apabila anda laki-laki mengkonsumsinya secara berlebihan akan berpengaruh pada tingkat kesuburan anda. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction menemukan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi 1 porsi makanan yang mengandung kedelai dalam hal ini susu kedelaiĀ  setiap dua hari, mengalami penurunan produksi sel sperma sampai 41 juta millimeter per air mani.