Kenali Tipe Tubuh Anda Demi Hasil Latihan yang Maksimal!

Kenali Tipe Tubuh Anda Demi Hasil Latihan yang Maksimal!
Image credit : www.cavsa.org

ProgramFitnes.com – Anda mungkin sudah memahami bila tipe tubuh manusia itu tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Ada yang tubuhnya kurus, ada pula yang badannya gemuk. Secara umum, bentuk tubuh kita dibagi menjadi tiga tipe yang berbeda, yaitu ektomorf, endomorf, dan mesomorf.

Bentuk tubuh ini dipengaruhi oleh sifat genetik. Tapi, genetik juga bukanlah harga mati, anda masih bisa mendapatkan bentuk tubuh yang anda impikan dengan cukup usaha.

jual suplemen fitnes

Tentunya, suatu program latihan tertentu tidak akan memberi hasil yang sama pada tiap-tiap tipe tubuh tersebut. Ada yang memerlukan repetisi lebih sedikit dengan jeda istirahat lebih panjang, sementara yang lainnya lebih disarankan untuk melakukan repetisi lebih banyak dengan jeda yang singkat. Ini saatnya anda menemukan pola latihan yang paling tepat untuk tipe tubuh anda.

Kenali Dulu Tipe Tubuh Anda

Image credit: www.menshealth.co.uk
Image credit: www.menshealth.co.uk

Seperti yang disinggung di atas, tipe tubuh manusia dibagi menjadi tiga, dan anda memiliki salah satunya. Berikut ini adalah ciri-ciri umumnya.

Ektomorf: Pemilik tipe tubuh ini memiliki tulang yang kecil, bahu yang cenderung sempit, dada yang rata, serta tubuh yang kurus. Ektomorf sukar menyimpan lemak dan memiliki metabolisme yang cepat. Merekalah “hardgainer” sejati yang sukar menaikkan massa otot dan berat badan.

Mesomorf: Mesomorf adalah tipe tubuh yang tampak atletis secara alamiah. Umumnya, mereka yang mempunyai tipe tubuh ini berbahu lebar, memiliki massa otot yang padat, serta cenderung langsing dan gampang menambah massa otot.

Endomorf: Tipe tubuh ini adalah kebalikan dari ektomorf. Mereka yang bertubuh endomorf cenderung berperawakan gemuk dan bulat. Mereka mempunyai metabolisme yang lambat dan sukar memangkas lemak, sehingga orang-orang ini mudah mengalami kenaikan berat badan.

Nah, setelah mengetahui tipe tubuh anda sendiri, mari simak pola latihan yang cocok buat anda.

Pola Latihan untuk Ektomorf

Image credit; bodybuilding-wizard.com
Image credit; bodybuilding-wizard.com

Kaum ektomorf memerlukan gerakan compound yang besar sebagai dasar latihan mereka. Repetisi yang tinggi dengan jeda istirahat yang lebih panjang adalah yang terbaik. Karena memiliki persentase serat otot lambat (tipe 1) yang lebih banyak, anda yang bertubuh ektomorf mampu melakukan rep lebih banyak dengan intensitas relatif dibandingkan tipe tubuh lainnya.

Selain itu, anda juga harus berlatih lebih sering. Anda memiliki pemulihan yang cepat, sehingga perlu berlatih lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Bahkan, ektomorf dapat melakukan 3-4 kali latihan full-body dalam seminggu. Sebagai catatan, anda juga harus menghindari kardio dan wajib memperhatikan pola makan anda, yaitu makan yang banyak!

Pola Latihan untuk Mesomorf

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com

Mesomorf adalah bentuk tubuh yang paling banyak didambakan orang, sehingga beruntunglah anda yang memiliki tipe tubuh ini. Tergantung dari tujuan anda, metode yang beragam bisa anda tempuh agar anda dapat melihat hasilnya.

Gerakan compound haruslah menjadi dasar dasar dari latihan anda. Sementara, gerakan isolasi bisa membantu anda memperkuat bagian tubuh yang lemah. Coba metode latihan yang berbeda, seperti intensitas tinggi/rendah, volume tinggi/rendah, repetisi eksplosif, set tempo, serta inteval istirahat panjang atau singkat.

Latihan sebanyak 3-4 kali seminggu sudah cukup. Bagi latihan untuk berfokus pada masing-masing bagian tubuh tiap harinya, misalnya Senin untuk dada dan bahu, Selasa untuk kaki, dan seterusnya. Masukkan sedikit latihan kardio atau sirkuit untuk menghalau lemak.

Pola Latihan untuk Endomorf

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com

Seperti halnya kedua tipe sebelumnya, endomorf juga harus mendasarkan latihannya pada gerakan compound. Tapi, metode latihan sirkuit adalah yang paling ideal bagi anda. Pilihlah 3-5 gerakan dan lakukan semuanya tanpa jeda. Beri istirahat 2 menit di antara sirkuit.

HIIT juga sangat penting untuk dilakukan karena metode ini dapat membakar lemak secara efektif. Tak cuma itu, diet juga wajib anda lakukan. Kurangi konsumsi karbohidrat dan pilih asupan lemak anda dengan seksama.

Nah, setelah mengetahui tipe tubuh dan pola latihan yang pas, semoga anda semakin dekat dengan bentuk tubuh ideal impian anda. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes