Kunyah Makanan Lebih Lama Baik untuk Diet?

Kunyah Makanan Lebih Lama Baik untuk Diet?ProgramFitnes.com – Mengunyah makanan lebih lama memang sangat berpengaruh dalam proses penurunan berat badan anda. banyak sekali program diet yang ditawarkan di masa sekarang, namun dasar dari semua diet itu dengan mengunyah makanan secara perlahan dan lebih lama.

Menurut penelitian seorang ahli gizi dengan mengunyah makanan yang kita makan secara perlahan dan tidak terburu-buru dapat membuat anda mengkonsumsi jumlah kalori yang lebih sedikit dari biasanya. Karena pada saat anda mengunyah secara perlahan, otot mulut anda akan merasa lelah sehingga otak anda akan merespon bahwa tubuh anda telah kenyang, dan membuat anda berhenti untuk makan. Hal ini tentu saja akan mengurangi makanan yang masuk kedalam perut anda.

Namun apabila anda makan terburu-buru dalam mengunyah makanan dan langsung menelannya, makan tubuh anda akan melewatkan respon kenyang dari otak anda, sehingga perut anda akan merasa kosong dan lapar dan membiarkan anda terus melahap makanan yang ada dihadapan anda. Bila anda sudah terbiasa dengan pola mengunyah makanan ini maka akan berpengaruh pada kenaikan berat badan anda.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, mengunyah makanan lebih lama membuat organ pencernaan anda bekerja lebih maksimal, karena makanan yang dikunyah sampai halus akan membantu lambung bekerja dengan baik. Gizi dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh pun akan cepat terserap dan dialirkan ke seluruh tubuh. Sebaliknya, makanan yang yang terlalu berat atau masih kasar untuk dicerna oleh lambung, lama kelamaan akan menimbulkan gangguan pencernaan dan metabolisme tubuh yang berimbas pada kenaikan berat badan anda.