Kurang Semangat Latihan? Coba 5 Suplemen Berikut!

ProgramFitnes.com – Terkadang Anda mungkin merasa enggan untuk datang ke gym ketika sedang kurang bersemangat atau merasa lelah. Rasanya akan lebih baik jika Anda bersantai saja sepanjang hari di atas sofa yang empuk. Tapi, hal ini tentu bisa menghambat progres Anda.

Biar lebih berenergi, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan bahan-bahan berkhasiat berikut ini. Dengan suplemen ini, dijamin Anda akan lebih bersemangat untuk berlatih!

1. Kafein

Credit: pexels.com

Kafein merupakan salah satu energy booster yang paling dikenal. Jadi wajar bila suplemen yang satu ini kita taruh di urutan teratas. Kafein bekerja langsung pada sistem saraf pusat, memberi Anda energi fisik dan fokus mental. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan dorongan tenaga dan konsentrasi di gym.

Bukan itu saja, kafein juga mampu membantu pembakaran lemak dengan melepaskan lebih banyak asam lemak dari sel lemak, sehingga Anda lebih cepat menurunkan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa kafein memperbaiki level ketahanan latihan serta meningkatkan total energi yang dibakar dari lemak.

Tentunya, mengkonsumsi kafein terlalu banyak juga kurang baik, karena dapat memberi overstimulasi pada saraf pusat dan membuat Anda lelah. Dan seiring waktu, tubuh Anda akan beradaptasi sehingga akan membutuhkan lebih banyak kafein untuk memberi dorongan energi yang sama.

2. Sitrulin

Credit: pexels.com

Sitrulin merupakan asam amino yang biasa kita jumpai pada buah semangka. Senyawa ini berfungsi sebagai vasolidator dengan cara meningkatkan nitrat oksida dalam tubuh.

Arginin diperlukan untuk membuat nitrat oksida, tapi sebagian besar arginin tidak masuk ke dalam aliran darah karena enzim pencernaan arginase. Nah, sitrulin mampu masuk ke dalam aliran darah dan diubah menjadi arginin dan memberi Anda energi yang diperlukan!

Bahan ini sangat bermanfaat jika Anda membutuhkan ketahanan. Menurut studi, mereka yang mengkonsumsi 8 gram suplemen sitrulin mampu menyelesaikan repetisi 53% lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi.

3. Sineprin

Credit: bodybuilding.com

Suplemen yang satu ini punya cara kerja yang mirip kafein, yaitu menstimulasi sistem saraf pusat dan membakar lemak. Bagi yang sensitif dengan kafein, Anda bisa menggantinya dengan sineprin.

Beberapa orang juga ada yang mengkonsumsi sineprin dan kafein secara bersamaan untuk tenaga ekstra. Tapi hati-hati, jika berlebihan hal ini bisa menyebabkan kecemasan, sulit tidur, dan gangguan pencernaan.

4. Ekstrak Teh Hijau

Bila Anda menginginkan manfaat kafein tapi tidak membutuhkan banyak dorongan energi, cobalah ekstrak teh hijau. Teh hijau mengandung kafein dan senyawa nabati yang disebut katekin polifenol. Keduanya bermanfaat membantu membakar lemak.

Dalam sebuah studi pada American Society for Clinical Nutrition, tiga kelompok orang masing-masing diberi ekstrak teh hijau (mengandung 50 mg kafein dan 90 mg katekin polifenol), 50 mg kafein saja, atau plasebo. Kelompok yang memanfaatkan ekstrak teh hijau mengeluarkan 4% energi lebih banyak dalam 24 jam dibandingkan kelompok lainnya.

5. Yohimbe

Credit: mensfitness.com

 

Yohimbe merupakan sebuah suplemen yang diambil dari kulit pohon sejenis cemara yang berasal dari Afrika. Di dalam tubuh, yohimbe diubah menjadi yohimbine.

Senyawa ini dapat merangsang jumlah norepinefrin dalam tubuh serta peningkatan tekanan darah. Itulah kenapa yohimbe kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan libido.

Tapi dari segi fitnes, yohimbe dapat meningkatkan jumlah energi yang dibakar ketika berlatih dan laju metabolismemu. Dengan kata lain, hal ini membantu kamu menurunkan berat badan.

Nah, itulah beberapa suplemen yang bisa Anda coba jika sedang membutuhkan dorongan energi. Selamat berlatih!