Makanan Hasil Fermentasi yang Menyehatkan

Makanan Hasil Fermentasi yang MenyehatkanProgramFitnes.com – Pasti anda sudah mengenal tempe bukan? salah satu makanan tradisional Indonesia yang dibuat dari hasil fermentasi kedelai dengan rasanya yang lezat dan begizi. Tapi tidak hanya tempe, banyak sekali makanan hasil fermentasi yang bergizi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh anda.

Makanan hasil fermentasi biasanya diolah dengan menambahkan ragi. Zat yang ada di dalam ragi berfungsi sebagai zat pengikat gizi makanan agar tidak rusak akibat bakteri yang hidup di dalamnya. Salah satu tujuan makanan diolah dengan cara fermentasi ialah untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda dan mengawetkan makanan secara alami.

jual suplemen fitnes

Dalam beberapa jenis makanan hasil fermentasi, terdapat kandungan probiotik dan prebiotik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Contohnya bisa kita lihat pada tempe, makanan yang diolah dari kacang kedelai dan kemudian ditambahkan ragi sebagai bahan fermentasinya ini adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dan banyak manfaatnya untuk tubuh. Tempe merupakan sumber protein rendah lemak, sehingga paling sering dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani diet vegetarian sebagai pengganti daging.

Makanan Hasil Fermentasi yang MenyehatkanSelain tempe, tentu saja pasti anda mengenal yoghurt. Yohgurt adalah makanan hasil fermentasi dari susu, dengan aromanya yg khas dan rasanya yang asam. Karena yoghurt dihasilkan dari susu, yoghurt adalah sumber protein yang sangat baik untuk anda dan dapat dijadikan sumber makanan pelengkap dalam program diet anda. Yoghurt mengandung lemak yang sangat rendah. Selain itu, yoghurt juga membantu menjaga kesehatan kulit dan pencernaan anda.

Walaupun beberapa makanan hasil fermentasi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, bukan berarti anda boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Misalnya saja tape, makanan hasil fermentasi dari singkong ini memiliki rasa yang manis dan asam serta memberikan efek panas dari dalam tubuh. Tape kurang baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat diabetes ataupun hipertensi. Begitu pula tempe, mengkonsumsi tempe secara berlebihan akan berefek kurang baik bagi orang yang memiliki penyakit asam urat.

jual suplemen fitnes