Makanan-Makanan yang Mampu Mengontrol Berat Badan

ProgramFitnes.com – Makanan adalah kebutuhan utama bagi manusia. Setiap hari anda pasti makan, namun makanan yang berlebihan dapat memicu kegemukan. Makanan yang cukup dengan nutrisi yang seimbang akan membuat anda lebih cepat puas dan kenyang lebih lama.

Terdapat beberapa bahan makanan yang dapat membantu anda dalam mengontrol berat badan anda.

1Daging Sapi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, daging sapi adalah sumber protein hewani yang paling baik untuk tubuh manusia terutama daging sapi bebas lemak, seperti pada bagian has dalam (tenderloin) dan has luas (top side). Berdasarkan beberapa studi klinis di negara Amerika, bagi anda yang memasukkan daging sapi pada menu harian anda, bisa membakar kalori lebih banyak dibandingkan anda yang makan dengan kalori yang sama banyaknya namun tanpa daging sapi. Hal ini disebabkan karena kandungan protein pada daging sapi mampu meningkatkan massa otot, yang sebagaimana kita ketahui, otot adalah tungku pembakaran lemak pada tubuh, semakin banyak massa otot, semakin banyak lemak yang dibakar.

2Susu Rendah Lemak

Susu mengandung protein dan kalsium yang cukup tinggi. Susu rendah lemak yang mengandung kalsium dan protein bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga massa otot anda. Kalsium pada susu rendah lemak akan membantu tubuh bekerja lebih efisien dalam mengolah lemak dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh anda dalam membakar lemak. Sementara itu, protein yang terkandung akan membuat tubuh anda kenyang lebih lama, yang tentu saja akan mengontrol nafsu makan anda.

3Bayam

Sayur bayam banyak mengandung glutathione, apha lipoic acid, dan serat. Dalam satu cangkir sayur bayam hanya mengandung 41 kalori. Semua nutrisi yang terkandung dalam sayuran bayam membuatnya sangat ampuh dalam mengikat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh anda dan membuangnya keluar tubuh. Dengan kandungan serat dan proteinnya, bayam mampu membuat tubuh anda kenyang lebih lama.

4Yoghurt

Bahan olahan susu ini adalah alternatif yang sangat bagus untuk anda yang memiliki intlorensi laktosa (susah mencerna susu). Youghurt kaya akan kalsium dan protein, apabila diperkaya dengan bakteri yang baik, youghurt mampu meningkatkan kinerja pencernaan anda menjadi lebih maksimal.