Makin Bugar Lewat Seni Beladiri

Makin Bugar Lewat Seni BeladiriProgramFitnes.com – Selain berlatih di gym, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Salah satunya adalah dengan berlatih seni beladiri. Seni beladiri tak hanya membantu anda agar dapat mepertahankan dan melindungi diri, tapi ada sejumlah manfaat kesehatan dan kebugaran di dalamnya.

Yuk, cari tahu lebih dalam bagaimana cara makin bugar lewat seni beladiri!

Beberapa Jenis Beladiri yang Bisa Anda Coba Ikuti

Ada banyak sekali aliran seni beladiri dari tanah air maupun luar negeri yang dapat anda pilih sesuai minat, fungsi, dan kemampuan anda. Jenis-jenis beladiri tersebut antara lain:

1Karate

Seni beladiri asal Negeri Sakura ini merupakan salah satu seni beladiri yang dikenal luas di berbagai belahan dunia. Karate merupakan beladiri full-body contact yang memanfaatkan tangan, kaki, dan siku untuk mempertahankan diri. Beladiri ini sangat baik untuk melatih dan memperkuat tubuh bagian atas.

2Tae kwon do

Tae kwon do agak mirip dengan karate, hanya saja seni beladiri ini lebih memfokuskan pada kaki lewat serangan tendangan dan lebih sedikit menggunakan tangan dan tubuh bagian atas. Jika anda ingin melatih kelincahan tubuh bagian bawah anda, tae kwon do mungkin cocok untuk anda.

3Judo

Judo merupakan seni beladiri yang memanfaatkan ukuran dan kekuatan lawan untukĀ  melindungi diri. Judo lebih mengandalkan teknik kuncian dan bantingan dibandingkan pukulan dan tendangan.

4Pencak silat

Seni beladiri asal tanah air ini mengedepankan kelincahan dan kekuatan untuk mengalahkan lawan. Pencak silat mengandalkan gerakan-gerakan yang tangkas dan mengalir yang melatih otot dan kardio.

Tentunya, anda sendirilah yang tahu mana seni beladiri yang pas buat anda. Yang menurut rekan anda cocok, mungkin belum tentu cocok bagi anda. Semua kembali lagi pada kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Manfaat Kesehatan di Balik Latihan Seni Beladiri

Masing-masing aliran seni beladiri boleh saja mempunyai keunggulan dan pendekatan latihan yang berbeda-beda. Tapi, pada dasarnya mereka mendatangkan manfaat yang sejalan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Inilah beberapa manfaat yang dapat anda ambil dari berlatih seni beladiri.

1. Latihan conditioning

Seni beladiri membantu mempersiapkankan tubuh anda agar mampuĀ  melindungi diri dari ancaman, kapanpun dan di manapun. Lewat sejumlah latihan fisik, otot-otot tubuh anda digembleng menjadi lebih kuat dan kencang.

2. Fleksibilitas dan Kelincahan

Berlatih seni beladiri membantu meningkatkan fleksibilitas serta kelincahan tubuh anda. Secara umum, ini dapat meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh.

3. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik tak cuma bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda, tapi juga membuat penampilan lebih baik dan menambah rasa percaya diri.

4. Menjaga berat badan

Latihan beladiri secara rutin dapat membakar sejumlah kalori dan mengencangkan otot. Ini membantu anda untuk dapat menurunkan berat badan serta menjaga berat tubuh yang ideal.

5. Meningkatkan stamina

Saat berlatih, seluruh tubuh anda bergerak. Ini dapat membantu meningkatkan stamina serta ketahanan tubuh anda.

6. Menjaga kesehatan mental

Seni beladiri tak cuma melatih fisik anda. Mental serta emosi anda juga ikut ditempa. Anda akan cenderung untuk lebih percaya diri, stres berkurang, serta lebih fokus dan tenang dalam menghadapi masalah.

Nah, setelah mengetahui sejumlah manfaat dari mempelajari seni beladiri, anda mungkin mempertimbangkan untuk mengikuti kelas beladiri sebagai salah satu cara untuk menjaga kebugaran. Siapkan diri dan temukan satu beladiri yang cocok bagi anda.