Mandi Setelah Latihan, Sehat Atau Bahaya?

ProgramFitnes.com – Mandi jelas aktivitas yang penting bagi kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Sebab, keringat dan kotoran yang menempel di kulit bisa menimbulkan bau badan, iritasi, sampai gangguan kulit.

Tapi, bila Anda terbiasa mandi segera setelah latihan intens yang menguras keringat, sebaiknya Anda mengubah kebiasaan ini. Alih-alih sehat, malah jadi bahaya bagi tubuh Anda.

Berbahayakah Langsung Mandi Setelah Latihan?

Image credit: mensxp.com
Image credit: mensxp.com
jual suplemen fitnes

Selama latihan yang intens, detak jantung dan suhu tubuh kita meningkat. Darah mengalir lebih cepat ke bagian-bagian tubuh yang aktif. Untuk mengembalikan ke suhu normal, kelenjar keringat di kulit mengeluarkan keringat melalui pori-pori.

Nah, bila kondisi tubuh yang masih panas ini langsung disiram air dingin, dampaknya jelas tak baik bagi kesehatan Anda. Ini dia beberapa akibat dari perubahan suhu yang drastis pada tubuh Anda:

Kelenjar Keringat Tak Berfungsi Dengan Baik

Saat kita berkeringat, pori-pori akan terbuka dan mengeluarkan cairan keringat sampai suhu tubuh normal. Jika kulit dipaksa didinginkan secara tiba-tiba, hal ini akan mengganggu fungsi kelenjar keringat dan menurunkan kinerjanya. Pengeluaran panas tubuh pun terhambat.

Pembuluh Darah Menyempit

Bayangkan bila pembuluh darah yang sedang melebar dan mengalirkan darah dengan cepat tiba-tiba didinginkan. Ia akan menyempit, sehingga mengganggu fungsi sistem kardiovaskular.

Hal ini bisa berdampak pada meningkatnya risiko serangan jantung dan kematian mendadak akibat shock karena tekanan darah menurun secara drastis.

Kapan Waktu Mandi yang Baik Setelah Latihan?

Image credit: womenshealthmag.co.uk
Image credit: womenshealthmag.co.uk

Sebelum berlatih, tubuh Anda membutuhkan pemanasan agar otot mampu mengangkat beban secara optimal. Tanpa pemanasan, pengerahan tenaga otot Anda tidak akan maksimal. Tubuh Anda pun lebih rentan cidera.

Sebaliknya, setelah latihan, tubuh Anda juga perlu waktu untuk kembali ke kondisi semula. Makanya, memberi jeda untuk pendinginan itu tak kalah penting dengan pemanasan sebelum latihan.

Makanya, biarkan tubuh Anda mendingin terlebih dulu sebelum mandi. Beri jeda sekitar 20-30 menit seusai latihan sampai keringat Anda kering dan suhu tubuh kembali normal.

Jeda ini sebaiknya Anda isi dengan melakukan pendinginan berupa peregangan. Hal ini membantu menormalkan kembali otot yang mengencang selama latihan, sehingga pemulihannya pun lebih optimal.

Manfaat Mandi Setelah Latihan

Image credit: mensxp.com
Image credit: mensxp.com

Bila dilakukan dengan tepat, mandi setelah latihan justru bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh Anda, lho.

Tubuh Lebih Bersih dan Segar

Kebersihan adalah salah satu faktor penting mengapa Anda harus mandi seusai mendinginkan tubuh Anda. Selain mencegah bau badan dan jerawat pada kulit, Anda juga bakal merasa lebih fresh.

Membantu Pemulihan Otot

Mandi juga membantu pemulihan otot seusai sesi latihan yang berat. Mandi air dingin bisa menenangkan otot yang nyeri. Atlet elit bahkan melakukan mandi es untuk mencegah nyeri otot pasca-latihan.

Sementara, mandi air hangat di pagi hari melancarkan aliran darah ke otot, sehingga otot bisa lebih rileks.

Meningkatkan Metabolisme

Tak hanya latihan yang bisa membakar lemak, mandi air dingin seusai latihan ternyata mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda. Ini karena tubuh membakar kalori untuk mengembalikan suhu yang turun akibat mandi air dingin.

Memperbaiki Kekebalan Tubuh

Ketika terkena air dingin, tubuh Anda menaikkan suplai antioksidan bernama glutathione yang membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Nah, asal waktunya pas, tak perlu was-was untuk mandi seusai latihan. Semoga bermanfaat!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN