Memperoleh Leher yang Kokoh Dengan Latihan Anggukan Kepala

ProgramFitnes.com – Tak bisa dipungkiri, otot leher adalah bagian yang sering diabaikan ketika kita melatih fisik. Makanya, tak jarang kita melihat pria dengan tubuh yang besar dan kekar tapi memiliki leher yang tipis dan sempit. Hal ini tentu membuat bentuk fisiknya terasa kurang sempurna.

Maka dari itu, Anda tak boleh alpa dalam melatih otot leher secara rutin. Inilah alasan dan cara untuk memperoleh leher yang kokoh dengan latihan anggukan kepala atau head nodding yang sangat sederhana.

Tidak Ada Lagi Leher Setipis Pensil

Image credit: cosmicbooknews.com
Image credit: cosmicbooknews.com
jual suplemen fitnes

Celana longgar bisa menyembunyikan otot kaki yang kecil karena Anda melewatkan latihan kaki. Kaos yang kebesaran membantu menyamarkan badan yang kurus atau perut yang buncit. Tapi, leher yang tampak lemah tidak bisa disembunyikan!

Bila Anda mengamati para petarung profesional di ring tinju, Anda akan menyadari bahwa jarang sekali dari mereka yang mempunyai leher yang sempit—Anda mungkin ingat julukan Mike Tyson: Si Leher Beton. Mereka umumnya rajin melatih otot leher karena mereka paham, leher adalah bagian tubuh kita yang sangat lemah.

Maka dari itu, leher memiliki peranan penting dalam membentuk fisik yang fungsional dan tampak garang. Tanpa itu, meski lengan Anda kuat, Anda bisa saja kalah di perkelahian jalanan karena lawan berhasil menyerang leher Anda.

(Kita tentu berusaha menghindari perkelahian, tapi apapun bisa terjadi di jalanan.)

Nah, untuk latihan berikut ini, Anda sama sekali tidak memerlukan alat apapun. Latihannya pun sangat sederhana.

Melatih Leher Lewat Anggukan Kepala

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Teknik ini disebut dengan head nodding atau anggukan kepala. Ya, hanya dengan gerakan sesederhana menganggukkan kepala, Anda sudah bisa memperoleh leher yang kekar dan kokoh.

Teknik head nod diadopsi dari mantan juara dunia Brazilian Jiu-Jitsu, Adam benShea. Teknik ini sudah menjadi salah satu teknik wajib yang dipelajari oleh para praktisi Brazilian Jiu-Jitsu dan Judo yang berevolusi dari beberapa favela terkuat di Brasil.

Untungnya, teknik ini bisa Anda pelajari tanpa harus menjadi petarung. Anda cukup melakukan gerakan sederhana berikut ini.

Cara Melakukan Teknik Anggukan Kepala

Image credit: youtube.com
Image credit: youtube.com
  • Berbaringlah telentang di atas matras atau lantai.
  • Angkat sedikit kepala Anda dan bawa dagu Anda ke arah dada dalam satu set sebanyak 40 repetisi.
  • Tetap jaga kepala Anda agar tak menyentuh lantai, kini palingkan kepala Anda ke kanan sebanyak 1 set x 40 rep. Lakukan hal yang sama ke arah sebaliknya.
  • Masih dalam keadaan mengangkat kepala dari lantai, kini tekuk kepala Anda ke kanan, usahakan hingga kuping kanan menyentuh bahu kanan. Lakukan sebanyak 1 set x 40 rep. Ulangi ke arah sebaliknya.
  • Lakukan sirkuit gerakan ini antara dua sampai tiga kali.

Meski tampaknya mudah, Anda akan terkejut dengan tingkat kesulitan dan efektivitasnya. Mempertahankan kepala Anda tak menyentuh lantai adalah bagian yang sulit. Lakukan latihan ini 3-4 kali seminggu. Anda bisa melakukannya hampir di mana saja.

Peragaannya bisa Anda lihat pada bagian pertama dari video berikut ini:

Nah, siapkah Anda untuk mendapatkan leher yang lebih kokoh? Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN