Mengapa Wanita Perlu Mengkonsumsi Kreatin?

ProgramFitnes.com – Untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal, latihan dan nutrisi yang tepat saja belumlah cukup. Suplemen juga memegang peranan penting bagi pembentukan otot Anda serta hasil latihan yang maksimal.

Kreatin adalah salah satu suplemen yang mendukung pembentukan otot. Sayangnya, banyak wanita yang ogah mengkonsumsinya karena takut tubuhnya menjadi kekar berisi.

jual suplemen fitnes

Tentu saja, ini adalah mitos yang keliru. Anda yang wanita justru perlu mengkonsumsi kreatin. Mau tahu alasannya?

1. Anda Akan Membentuk Otot Tanpa Lemak

Image credit: bestworkoutsupplementsblog.com
Image credit: bestworkoutsupplementsblog.com

Sel otot Anda secara alami membentuk kreatin fosfat, yang akan dipecah menjadi energi bagi serat otot. Bila Anda melakukan suplementasi dengan kreatin, tubuh Anda akan menyimpan lebih banyak molekul sumber energi ini sekaligus memperkuat koneksi serat otot. Hal ini membuat latihan Anda lebih efektif.

2. Anda Dapat Berlatih Lebih Lama dan Membakar Lebih Banyak Kalori

Image credit: strongsupplements.com
Image credit: strongsupplements.com

Suplementasi kreatin membantu otot mengembalikan cadangan energinya, sehingga Anda bisa berlatih lebih keras dalam waktu yang lebih lama.

Begini prosesnya: dalam aktivitas yang berat, tubuh Anda mendapatkan energinya dari molekul yang disebut ATP. Pada proses metabolik, ATP dipecah menjadi ADP. Kreatin membantu mengembalikan molekul fosfat menjadi ATP, sehingga otot Anda memiliki ATP tambahan untuk latihan.

3. Pemulihan Anda Lebih Cepat

Image credit: popsugar.com
Image credit: popsugar.com

Kreatin membantu menyuplai otot Anda dengan nutrien yang diperlukan untuk memulihkan dan membentuk otot baru seusai latihan beban. Mengkonsumsinya setelah berlatih membantu mengisi ulang otot, mendukung pemulihan, dan membangun cadangan energi untuk latihan berikutnya.

Anda bisa menambahkan kreatin ke protein shake Anda pasca-latihan bersama dengan karbohidrat sederhana  seperti buah-buahan untuk mempercepat penyerapan ke dalam tubuh.

Beberapa Pertanyaan dan Jawaban Tentang Kreatin Untuk Wanita

Image credit: nutrientjournal.com
Image credit: nutrientjournal.com

Berapa banyak kreatin yang harus saya konsumsi?

Disarankan untuk mengkonsumsi dua dosis 3-5 gram sehari. Waktu yang paling mudah dan efektif untuk mengkonsumsi kreatin adalah seusai latihan. Anda juga bisa mengkonsumsinya pada pagi hari atau sebelum berlatih. Efeknya akan terasa dalam seminggu.

Bagaimana dengan rasa kembungnya?

Efek samping yang umumnya dialami wanita saat mengkonsumsi kreatin adalah rasa kembung. Ini terjadi karena otot Anda akan menahan air, jadi semakin banyak otot Anda, semakin mudah Anda merasakan bobot air ini.

Ketika Anda mengkonsumsi kreatin, Anda mungkin akan mendapatkan tambahan bobot 1-2 kg dari air yang tertahan ini. Tapi tenang, begitu Anda berhenti mengkonsumsinya, bobot air ini akan hilang dalam dua minggu.

Berapa lama saya harus mengkonsumsinya?

Bila Anda menginginkan hasil terbaik, Anda perlu mengkonsumsi kreatin sembari mengikuti program latihan beban dan diet yang baik.

Kami merekomendasikan konsumsi selama periode 2-6 minggu lalu menghentikannya selama 2-6 minggu untuk mengecek progres Anda. Lalu, Anda bisa kembali mengkonsumsinya dalam jangka waktu 2-12 minggu, tergantung dari gol Anda.

Beberapa Fakta Tentang Kreatin

Image credit: howtoincreaseenergy.com
Image credit: howtoincreaseenergy.com

1. Tidak perlu mengkonsumsi terlalu banyak.

Banyak praktisi kebugaran yang mengkonsumsi sampai 5 kali sehari. Padahal, menurut penelitian Anda cukup mengkonsumsi 2-3 gram per hari pasca latihan untuk dapat merasakan peningkatan stamina.

2. Bukan untuk pecinta kopi.

Beberapa riset menunjukkan bahwa kafein dapat menghalangi manfaat dari kreatin. Jadi, pastikan Anda menghindarinya selama mengkonsumsi kreatin.

3. Ada beragam cara untuk mengkonsumsinya

Kreatin tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, tablet, kapsul, serta cair.

 

Jadi, tak perlu berpikir dua kali untuk mengkonsumsi kreatin, bukan? Selamat mencoba!

jual suplemen fitnes