Mengatasi Masa Plateau

Mengatasi Masa PlateauProgramFitnes.com – Setelah membahas mengenai apa itu masa plateau pada artikel sebelumnya, maka sekarang kita akan membahas bagaimana cara anda mengatasi masa plateau jika sudah terlanjur memasuki kondisi tersebut. Plateau merupakan keadaan tubuh yang ingin mencoba tantangan dan perubahan baru agar bisa berkembang.

Terdapat 5 cara yang paling direkomendasikan untuk dilakukan agar bisa keluar dari masa plateau anda.

jual suplemen fitnes

1. Berikan Tubuh Anda Waktu Istirahat dan Pemulihan

Kebanyakan orang berpikir, semakin sering anda berlatih angkat beban maka akan semakin cepat tubuh anda berkembang. Namun, pada faktanya otot anda berkembang pada saat anda beristirahat. Ambillah waktu istirahat selama 3 – 6 hari setelah anda berlatih keras selama 8 – 10 minggu untuk me-refresh tubuh anda kembali.

2. Masukkan Program Superset pada Program Latihan Anda

Superset adalah gabungan dua atau lebih gerakan yang langsung dilakukan berurutan tanpa jeda istirahat. Dengan melakukan superset tubuh anda akan dipaksa untuk melakukan latihan yang berintensitas tinggi sehingga serabut otot yang terbentuk menjadi lebih banyak dan apabila didukung dengan asupan nutrisi yang cukup akan menambah kekuatan dan massa otot anda.

3. Rubah Jumlah Repetisi pada Program Latihan Anda

Untuk membuat otot anda terus berkembang, maka anda harus membuat otot anda terus beradaptasi. Pada dasarnya, kita harus merubah jumlah repetisi tergantung level latihan anda. Untuk mudahnya, apabila anda terbiasa melakukan 4 set 10 repetisi maka rubahlah, misalnya menjadi 4 set 12 repetisi atau 3 set 8 repetisi.

4. Buatlah Satu Set Baru dengan Jenis Gerakan yang Baru

Salah satu alasan mengapa otot anda berhenti berkembang karena otot anda telah terbiasa dengan jenis latihan yang rutin dilakukan. Itulah mengapa anda dituntut lebih kreatif dalam membuat set yang baru dan jenis gerakan yang baru pada pola latihan anda untuk menghindari kebosanan pada otot. Contohnya, apabila anda sudah terbiasa melakukan pull up dengan jarak genggaman yang lebar ‘wide grip pull up” anda bisa menggantinya dengan “close grip pull up”.

5. Gunakan Jenis Latihan Drop Set

Jenis latihan dropset sangat cocok sekali digunakan untuk keluar dari masa plateau anda, karena pada latihan dropset biasanya digunakan untuk memberi efek kaget pada otot anda yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan pertumbuhan otot itu sendiri.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN