Mengenal Kondisi Plateau

Mengenal Kondisi PlateauProgramFitnes.com РApakah anda pernah saat melakukan diet ataupun melakukan angkat beban, anda tidak merasakan perubahan yang signifikan lagi pada tubuh anda? apabila anda merasakan hal tersebut mungkin anda sudah memasuki masa plateau.

Plateau sendiri adalah suatu kondisi dimana anda tidak lagi merasakan progress dari latihan atau diet yang anda lakukan. Atau secara sederhana, tubuh anda mengalami kebosanan dengan rutinitas latihan dan pola makan yang anda jalankan. Beberapa kondisi yang terjadi seperti tidak ada penurunan berat badan yang berarti, hal ini terjadi pada saat anda diet. Sedangkan pada program angkat beban, anda tidak bisa menambah repetisi dan menambah set dalam kurun waktu yang lama. Plateau juga menjadi alasan mengapa otot tidak berkembang atau berat badan tidak kunjung turun.

Berikut ini ada 5 indikasi anda sedang memasuki atau mengalami masa plateau.

1. Menurunnya Tenaga saat Berlatih

Jika anda merasakan penurunan tenaga yang cukup drastis Mengenal Kondisi Plateaudisetiap latihan dan anda merasa tidak mampu menyelesaikan latihan yang sebelumnya biasa anda lakukan, ini merupakan suatu tanda bahwa tubuh anda tidak cukup waktu untuk memulihkan dirinya, sehingga anda menjadi lemah saat berlatih di beberapa bagian otot yang fokus anda latih.

2. Otot Tidak Terasa Terpompa

Biasanya pada saat berlatih otot anda akan terasa kencang Mengenal Kondisi Plateauakibat otot yang dilatih keras dan belum sempurna pulih/recovery, namun ketika anda memasuki masa plateau, perasaan otot kencang terpompa ini tidak terasa sama sekali, hal ini bisa menandakkan dua masalah yaitu plateau atau overtraining.

3. Tidak Ada Peningkatan dengan Pola Latihan yang Sama

Suatu cara yang terbaik untuk melihat perkembangan tubuhMengenal Kondisi Plateau anda ialah anda bisa menambah jumlah repetisi pada setiap angkat beban anda. Hal ini menandakan bahwa otot anda berkembang dan beradaptasi dengan berat beban yang rutin anda angkat atau bisa dikatakan tubuh anda beradaptasi. Apabila repetisi anda tidak ada peningkatan pada pola latihan yang anda jalankan, dapat dikatakan anda masuk pada kondisi plateau.

4. Nafsu Makan Berkurang

Ingatkah anda disaat awal berlatih angkat beban anda memiliki Mengenal Kondisi Plateaunafsu makan yang sangat besar? Hal ini bisa terjadi akibat seluruh energi anda terbakar habis pada saat latihan sehingga rasa lapar akan anda rasakan sepanjang hari. Namun, apabila nafsu makan mulai berkurang, hal ini bisa terjadi akibat tubuh kita terlalu lelah akibat beraktifitas berlebihan, sehingga membuat reseptor otot anda tidak lagi responsif untuk menerima kalori. Tubuh yang lelah membuat metabolisme tubuh anda melambat dan kurang efisien dalam segal hal termasuk dalam hal penyerapan nutrisi dari makanan.

5. Kurangnya Motivasi

Apabila anda kurang termotivasi akan membuat anda tidak fokusMengenal Kondisi Plateau dan menurunkan performa anda saat berlatih, sehingga latihan anda akan menjadi stagnan akibat anda kurang semangat yang berakibat anda memasuki kondisi plateau.