Mengenal Program Latihan 5 x 5

Mengenal Program Latihan 5 x 5ProgramFitnes.com – Program latihan 5 x 5 adalah program yang cukup populer di dunia binaragawan karena pola latihan ini mampu meningkatkan kekuatan anda dan sebagai solusi untuk keluar dari kondisi plateau (kondisi dimana pertumbuhan tubuh stagnan). Program latihan ini dirancang untuk melatih kekuatan tubuh anda, efeknya dapat anda rasakan pada peningkatan kekuatan pada saat berlatih.

Walaupun tujuan program latihan ini untuk meningkatkan kekuatan anda, program latihan 5 x 5 juga dapat meningkatkan massa otot apabila diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Perlu digaris bawahi dalam program latihan ini ialah anda wajib mengetahui teknik yang benar dari semua jenis gerakan yang ada pada program latihan 5 x 5.

jual suplemen fitnes

Program latihan 5 x 5 dirancang secara periodik. Tujuan mengubah program latihan secara periodik pada program ini ialah untuk mencapai kemajuan secara terus-menerus dan mengubah rangsangan pada otot anda. Dengan mengganti program secara teratur setiap minggunya akan membantu untuk meningkatkan kemampuan otot anda serta memberikan waktu pemulihan yang cukup untuk menghindari overtraining pada tubuh anda. Program latihan 5 x 5 ini dirancang untuk dilakukan selama 9 minggu dengan susunan sebagai berikut.

1. Masa Persiapan/Awal Minggu 1 – 6

Pada masa awal ini adalah suatu masa dimana tubuh anda dilatih untuk beradaptasi dengan latihan yang diterapkan.

2. Memilih Beban yang Akan Digunakan

Anda harus mengenal kemampuan tubuh anda. Anda harus bisa memilih beban mana yang bisa anda gunakan untuk melakukan program latihan 5 x 5 ini yaitu 5 set dan 5 repetisi, jangan gunakan beban yang ringan karena program ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan. Gunakanlah beban yang maksimal yang bisa anda angkat sebanyak 5 set dan 5 repetisi secara sempurna.

3. Meningkatkan Beban Angkatan

Latihan ini menitik beratkan pada peningkatan kekuatan sehingga anda dituntut untuk bisa selalu menaikkan jumlah angkat beban anda di setiap minggunya minimal seberat 5 kg. Namun jika anda ingin menambah beban, anda harus memastikan diri anda kalau anda sanggup untuk mengangkat dan menyelesaikan set demi set yang sudah ditentukan pada program latihan ini.

4. Fase Puncak Minggu 7 – 9

Setelah anda melewati masa persiapan, anda akan mulai memasuki fase utama pada program latihan 5 x 5. Dalam fase ini anda bisa menerapkan pola latihan dropset yaitu dengan menggunakan beban terberat yang bisa anda angkat kemudian menurukan beban secara bertahap pada set berikutnya dengan tetap berpedoman pada 5 x 5 yaitu 5 set dan 5 repetisi .

Tingkatkan beban yang anda gunakan 2-5 kg untuk minggu-minggu berikutnya. Perlu anda perhatikan disini adalah jika anda hendak menaikkan beban yang akan digunakan, anda harus sanggup mengangkatnya dan menyelesaikan set demi set yang telah ditentukan. Pada minggu ke 4-6 anda harus melengkapi maksimum repetisi dengan beban maksimal dan ini bertujuan membangun kekuatan.

Sekali lagi yang perlu saya ingatkan, gunakanlah beban yang paling maksimal yang bisa membantu anda menyelesaikan program ini dengan set yang sempurna yaitu 5 set 5 repetisi dan pastikan anda didampingi spotter anda atau rekan fitnes anda untuk menjaga semua kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi. Untuk program latihan 5 x 5 dapat anda baca pada artikel sebelumnya, selamat mencoba.

jual suplemen fitnes