Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Sayuran Antioksidan

Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Sayuran AntioksidanProgramFitnes.com – Sayuran adalah sumber makanan yang sangat menyehatkan dan mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan pada sayuran akan membantu untuk menjaga daya tahan tubuh anda tetap stabil.

Namun, anda perlu berhati-hati, anda tidak boleh berlebihan, karena ada sebagian sayuran yang mengandung kadar purin cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat. Berikut beberapa daftar sayuran yang memiliki kadar antioksidan cukup tinggi yang bisa anda konsumsi rutin setiap hari.

1. Kol dan Brokoli

Bunga kubis, kubis, lobak dan brokoli adalah jenis sayuran yang kaya akan antioksidan serta mengandung beberapa zat yang dapat mencegah penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

2. Sayuran Hijau

Jenis sayuran yang berdaun hijau sangat baik untuk dikonsumsi rutin setiap hari, karena rendah kalori, rendah lemak namun kaya akan serat dan antioksidan, sayuran berdaun hijau setiap hari seperti, sawi, bayam, kangkung, daun katuk, dan semua jenis sayuran yang berwarna hijau lainnya.

3. Kentang dan Wortel

Walaupun kentang dan wortel tidak berwarna hijau, tapi ternyata kedua sayuran ini terbukti memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Wortel juga mengandung betakaroten yang membantu tubuh memproduksi Vitamin A yang sangat baik untuk mata anda dan dapat membantu melawan kanker.

Pastikan sayuran selalu ada dalam menu harian anda, selain dapat membantu anda dalam proses diet anda, sayuran juga memiliki fungsi penting untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap stabil.