Merokok dan Berolahraga

Merokok dan BerolahragaProgramFitnes.com – Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat terutama pria. Dalam perkembangannya, ternyata kebiasaan merokok memberi dampak yang buruk terhadap kesehatan bahkan bagi orang lain di sekitar.

Merokok dan BerolahragaPada saat merokok, anda akan menghisap asap yang mengandung CO (Carbon Monoxida). Asap tersebut akan masuk ke dalam paru-paru dan berikatan dengan hemoglobin (Hb). Hb ini seharusanya berikatan dengan O2 (oksigen) yang diperlukan oleh tubuh. Namun, akibat adanya kandungan CO dalam tubuh, maka Hb akan lebih mudah terikat pada CO, sehingga O2 tidak akan tersebar sempurna ke dalam tubuh yang dapat mengakibatkan beberapa organ penting dalam tubuh menjadi rusak.

jual suplemen fitnes

Yang cukup memprihatinkan di masa sekarang, masih banyak orang-orang yang rajin berolahraga namun tetap tidak bisa meninggalkan kebiasaannya untuk merokok. Padahal pada saat berolahraga, tubuh memerlukan pasokan O2 yang sangat banyak. Dalam keadaan normal, Hb akan mengikat O2 dalam tubuh untuk disebarkan ke seluruh tubuh untuk menunjang aktifitas olahraga tersebut. Namun, akibat adanya CO dalam tubuh akan menghalangi penyerapan O2 yang berakibat pada penurunan kemampuan fisik seseorang.

Berkurangnya O2 dalam tubuh akan menyebabkan lamanya masa pemulihan (recovery). Pada olahraga angkat beban, pemulihan otot akan berlangsung lebih lama dari biasanya sehingga pembentukan otot menjadi tidak maksimal. Untuk jenis olahraga yang berdurasi lama seperti lebih dari 60 menit, kekurangan O2 akan sangat berpengaruh. Tubuh anda akan cepat lelah, nafas menjadi lebih pendek, dan pemulihan berlangsung lama. Itulah mengapa banyak atlet olahraga yang tidak merokok karena dapat menurunkan kondisi fisik mereka.

Melihat efek buruk dari merokok, maka tidak dibenarkan untuk tetap merokok selama anda berolahraga ataupun sebelum dan sesudah olahraga. Bahaya lain yang ditimbulkan oleh rokok adalah asap rokok dapat mengganggu kesehatan orang lain di sekitar anda. Tetaplah sehat dan jauhi rokok.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN