Optimalkan Program Diet dengan Beras Merah

Optimalkan Program Diet dengan Beras MerahProgramFitnes.com – Program diet adalah program yang membuat anda harus membatasi jumlah kalori yang anda konsumsi perharinya. Namun sebagian orang Indonesia masih belum terbiasa dengan pembatasan kalori ini apalagi negara kita memiliki makanan pokok berupa nasi putih yang sangat tinggi akan gula dan karbohidrat.

Untuk mengatasi hal ini, mungkin anda bisa mencoba untuk mengganti nasi putih anda menjadi beras merah. Beras merah bisa menjadi pilihan untuk memenuhi karbohidrat sehari- hari anda. Karbohidrat beras merah adalah jenis karbohidrat kompleks yang diserap secara berkala oleh tubuh dan membuat tubuh anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan makan nasi putih. Sehingga beras merah adalah pilihan yang tepat untuk program diet anda.

Menurut seorang ahli gizi, beras merah mengandung vitamin B1, B6, dan B12 yang cukup tinggi. Selain itu beras merah mengandung serat yang cukup tinggi dibandingkan nasi putih. Dengan tingginyan serat yang dikandung beras merah, membuat penyerapan karbohidrat serta penyerapan lemak tidak maksimal yang tentunya akan berpengaruh pada keberhasilan program diet anda.

Terkadang banyak keluhan dalam mengkonsumsi beras merah apalagi bagi anda yang terbiasa makan nasi putih terutama rasa beras merah lebih hambar. Hal ini disebabkan karena kadar gula yang sangat rendah pada beras merah sehingga selain cocok untuk program diet anda yang mengharuskan anda untuk mengurangi gula. Beras merah juga cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang menderita penyakit diabetes.

Namun walaupun kalori dan gula yang dikandung beras merah tidak tinggi, mengkonsumsi beras merah tetaplah jangan berlebihan. Makanlah secukupnya saja dalam porsi kecil, sesuaikan dengan program makan anda. Misalnya dalam sekali makan sekitar 1 mangkuk kecil saja atau sekitar 150- 200 gram. Selain itu, untuk menambah cita rasa beras merah anda bisa mengkonsumsinya bersama dengan lauk pauk dan beragam jenis sayuran yang direbus, dikukus, atau diolah dengan sedikit menggunakan minyak. Jangan lupa untuk mengkonsumsi beragam buah-buahan untuk melengkapi program diet anda. Selamat mencoba, tetap disiplin 🙂