Otot Berubah Menjadi Lemak jika Berhenti Fitnes?

Otot Berubah Menjadi Lemak jika Berhenti Fitnes?ProgramFitnes.com – Apakah anda pernah mendengar mitos ini?. “si A saat fitness badannya atletis banget, tapi setelah berhenti fitnes dia jadi gemuk”. Kadang mitos ini memunculkan keraguan dalam diri anda untuk memulai fitness, muncul ketakutan dalam diri anda kalau anda akan seperti si A yang kegemukan pada saat berhenti fitnes. Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus mengetahui apa sih otot dan lemak itu sendiri.

“Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia atau hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang manusia, otot dapat berkembang dan menyusut sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh manusia atau hewan”

jual suplemen fitnes

“Lemak adalah suatu zat gizi makro yang memiliki peran penting bagi tubuh untuk menyimpan kelebihan energi yang berasal dari makanan sehari-hari”

Otot dan lemak adalah dua materi yang berbeda, otot tidak bisa berubah jadi lemak, lemak tidak bisa menjadi otot. Perbedaan jelas antara otot dan lemak bisa dilihat dari pengertian keduanya. Otot dan lemak adalah dua jaringan tubuh yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak bisa berubah satu sama lain.

Faktor utama berubahnya bentuk badan seseorang yang berhenti fitnes disebabkan oleh 3 alasan berikut ini:

1. Tipe tubuh manusia

Manusia memiliki 3 jenis tipe tubuh umum, ectomorph (kurus), endomorph (gemuk), dan mesomorph (atletis). Apabila anda berhenti fitnes, tidak semua akan menjadi gemuk. Anda yang memiliki tubuh ectomorph akan menjadi kurus kembali karena otot anda akan mengalami penyusutan karena tidak dilatih lagi, tipe tubuh ectomorph adalah tipe tubuh yang susah menyimpan lemak, sehingga tubuh akan menjadi kurus kembali. Sementara untuk tubuh endomorph dan mesomorph apabila behenti fitness maka kemungkinan paling utama badan anda akan menjadi gemuk kembali karena otot anda menyusut, dan lemak anda bertambah.

2. Pola makan

Yang sering terjadi ialah saat anda berhenti fitnes, pola makan anda yang awalnya teratur akhirnya menjadi tidak teratur lagi. Anda makan sembarang, baik makanan yang tinggi lemak, rendah lemak, bergula tinggi, dan jam makan anda menjadi tidak teratur. Seluruh hal ini memicu penumpukkan lemak, apalagi didukung dengan kompor lemak anda berupa otot sudah menurun kemampuannya untuk membakar lemak akibat mengalami penyusutan karena tidak pernah dilatih.

3. Usia

Usia ini erat kaitannya dengan metabolisme tubuh, semakin bertambahnya usia semakin menurunkan metabolime tubuh anda. Sebenarnya dengan angkat beban anda bisa memulai kembali meningkatkan metabolisme tubuh anda diusia berapapun. Namun karena anda berhenti fitness, kemudian didukung dengan pola makan yang tidak benar, maka akan memicu penumpukkan lemak yang tidak terkendali dan akhirnya menyebabkan kegemukkan.

Otot tubuh manusia diibaratkan sebagai kompor pembakaran lemak. Apabila kompor itu mati, dalam hal ini otot menyusut karena tidak dilatih, maka otot akan kehilangan kemampuannya dalam membakar lemak. Alhasil metabolisme tubuh anda dalam mengubah lemak menjadi energi akan menurun dan lemak yang tidak mampu dibakar oleh otot akan menumpuk di seluruh bagian tubuh. Untuk anda bertipe tubuh ectomorph penumpukkan lemak cenderung terjadi di sekitar perut, anda memang tetap kurus tapi berperut buncit.

Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa berhenti fitnes memang akan terjadi kegemukkan. Tapi hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. Namun mitos otot akan berubah jadi lemak adalah mitos yang tidak benar karena otot dan lemak adalah dua jaringan yang berbeda dan tidak dapat berubah satu sama lain.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN