Panduan Sederhana Bagi Pemula Demi Six-Pack di Perut Anda

Panduan Sederhana Bagi Pemula Demi Six-Pack di Perut AndaProgramFitnes.com – Tidak ada yang menyangkal jika bentuk kotak-kotak di perut membuat anda semakin percaya diri, terutama saat harus memperlihatkan perut anda, di pantai misalnya, atau bahkan kepada pasangan di atas ranjang. Nah, jika anda hendak melatih otot perut supaya tampak menawan, panduan sederhana tapi penting ini wajib anda baca demi menonjolkan six-pack di perut.

Hal-Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Perut Six-Pack

1. Anda Tidak Perlu Melatih Perut Setiap Hari Untuk Mendapatkannya

jual suplemen fitnes

Ketika anda melatih kelompok otot lainnya seperti lengan dan kaki, secara tak langsung otot perut dan core ikut terstimulasi. Tentunya, bagian ini baru aktif saat anda melakukan gerakan seperti squat, deadlift, atau military press. Jadi, jangan bergantung pada mesin kebugaran!

Perut anda juga sama seperti kelompok otot lainnya yang memerlukan pemulihan setelah dilatih dengan keras. Jadi, setelah sesi latihan otot perut yang bikin pegal, biarkan dia pulih sepemnuhnya sebelum dilatih lagi.

2. Melatih Otot Perut Tidak Mengurangi Lemak di Pinggang

Meskipun melakukan sit-up sampai perut kejang, anda tidak akan dapat menghilangkan lemak di pinggang secara signifikan. Satu-satunya cara yang sehat adalah dengan membatasi asupan kalori dan melakukan latihan kardio yang membakar lemak.

3. Otot Perut Takkan Terlihat Sampai Anda Mengurangi Lemak Tubuh

Tidak seperti kelompok otot skeletal lainnya, anda harus memiliki lemak tubuh yang rendah agar otot perut terlihat. Faktor genetis juga mempengaruhi tingkat lemak tubuh Anda.

4. Tampak Six-Pack Bukan Berarti Sehat

Perut six-pack bisa menjadi satu tanda jika seseorang menjaga berat badan idealnya. Tapi, six-pack belum tentu menunjukkan seseorang itu sehat. Ada sebagian orang yang tampak six-pack tapi kurang sehat karena mereka kurang makan atau melakukan latihan kardio terlalu banyak. Gaya hidup yang seimbang adalah kunci, bukan cuma untuk mendapatkan perut six-pack, tapi juga mempertahankannya.

5. Semua Orang BIsa Memiliki Perut Six-Pack, atau Setidaknya Four-Pack

Dengan konsistensi baik di dalam maupun di luar gym, anda bisa memiliki perut yang six-pack. Tapi, bentuk six-pack anda ditentukan oleh faktor genetis. Anda mungkin bisa memiliki 8-pack bahkan 10-pack, atau cukup 4-pack tergantung pada kondisi genetis.

Pola Makan Untuk Perut Six-Pack

Tak mudah mengharapkan perut six-pack lebih terlihat lewat pola makan penambah massa otot yang biasanya. Tapi, alih-alih mengurangi asupan makanan secara keseluruhan, anda bisa meningkatkan asupan protein sembari membatasi jumlah asupan kalori. Ini akan membantu anda tetap kenyang dan meningkatkan massa otot.

Di samping itu, asupan karbohidrat juga harus diperhatikan, terutama gula yang terkandung pada minuman anda. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran yang mengenyangkan dan tidak mengandung banyak kalori. Dengan pola makan seperti ini, anda bisa berharap otot perut yang six-pack bisa muncul dan bertahan lebih lama.

Latihan Untuk Perut Six-Pack

Latihan untuk mendapatkan perut six-pack cukup dilakukan selama 15-20 menit setiap 2-3 hari sekali. Latihlah perut anda dengan intensif dan pastikan ia pulih dengan baik lewat istirahat dan nutrisi yang cukup. Rahasia lain untuk mendapatkan perut yang six-pack adalah konsistensi dan gerakan yang sempurna.

Anda bisa melakukan berbagai jenis gerakan yang melatih area tertentu pada perut.

Perut bagian bawah (lower abs): Latih bagian ini dengan mengkontraksikan bagian bawah rectus abdominis lewat gerakan mengangkat kaki. Contoh gerakan: hanging leg raise, decline-bench reverse crunches, mountain climbers.

Perut bagian atas (upper abs): Otot pada area ini aktif ketika anda menstabilkan torso bagian bawah dan menarik tubuh bagian atas ke daerah tersebut, memendekkan jarak antara rusuk dan pelvis. Contoh gerakan: rope cable crunches, decline-bench crunches, machine crunches.

Perut samping (obliques): Bagian ini berada di sisi bagian six-pack. Anda bisa melatihnya dengan volume yang lebih tinggi dan beban yang lebih ringan sehingga otot ini tidak terus membesar dan mempengaruhi ketebalan perut anda. Contoh gerakan: captain’s chair oblique raises, cable wood choppers (beban ringan sampai moderat), decline-bench Russian twists.

Tips latihan:

  • Pilih tiga gerakan yang mewakili masing-masing area dan lakukan masing-masing 4 set.
  • Jaga jeda istirahat di antara set tetap singkat, sekitar 30-60 detik.
  • Untuk latihan dengan bodyweight, lakukan dengan gerakan yang terkontrol sampai anda tidak bisa lagi melakukan gerakan sempurna atau muscle failure.
  • Untuk latihan upper abs dengan beban, pilih beban yang menimbulkan muscle failure pada 12-15 reps.

Melakukan latihan dengan reps yang tak terhitung tidak menjamin perut anda tampak kencang. Latih perut anda dari berbagai sisi dengan gerakan yang bervariasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes