Panduan Suplemen Binaraga Untuk Pemula

ProgramFitnes.com – Bila Anda baru saja menekuni latihan beban dan binaraga, Anda mungkin dibuat bingung oleh berbagai macam suplemen yang ada di pasaran, mulai dari jenis, takaran, produsen, sampai klaim yang menyertainya.

Untuk itu, saatnya mempelajari tentang suplementasi dari dasarnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui harus memulai dari mana. Selanjutnya, Anda bisa bereksperimen dengan suplemen untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

jual suplemen fitnes

Tapi, harap diingat, suplemen bukanlah pengganti makanan, melainkan sebagai pelengkap nutrisi. Anda tetap membutuhkan diet yang sehat dan seimbang untuk mendapatkan bentuk otot yang optimal!

1. Whey Protein

Image credit: theproteinpowderhq.com

Dimanfaatkan sebagai suplemen utama bagi nutrisi pra dan pasca-latihan, whey protein mengandung protein yang cepat diserap oleh sel otot yang lapar seusai sesi latihan yang berat. Suplemen ini juga umumnya mengandung BCAA yang berperan vital dalam proses sintesa protein yang diperlukan untuk membentuk jaringan otot baru.

Kapan dan Berapa Banyak?

Saat yang tepat untuk mengkonsumsi bubuk whey protein adalah pasca-latihan dan waktu lain di mana Anda sukar mengkonsumsi makanan utuh, misalnya setelah bekerja dan sebelum latihan.

Whey protein juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang terbiasa melakukan latihan di pagi hari dan tak ingin perutnya penuh dengan makanan berat sebelum berlatih, karena whey cepat dicerna.

Untuk sebagian besar praktisi gym, cukup konsumsi satu sajian 20-30 gram pasca-latihan.

2. Creatine

Image credit: howtoincreaseenergy.com
Image credit: howtoincreaseenergy.com

Suplemen yang tengah naik daun ini sebenarnya juga ditemukan dalam ikan dan steak. Creatine bekerja dengan cara membantu mengisi kembali cadangan adenosin trifosfat (ATP) dalam latihan yang intens.

Hal ini dilakukan dengan menghidrasi sel otot dengan cairan sehingga proses lainnya bisa berjalan dengan baik, termasuk sintesa protein. Dengan begitu, masa pemulihan di saat dan pasca latihan menjadi jauh lebih cepat.

Jumlah creatine yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sekitar 3-5 gram pra dan pasca-latihan untuk hasil terbaik.

3. Minyak Ikan

Image credit: hindustantimes.com
Image credit: hindustantimes.com

Minyak ikan mungkin tak terlalu dilirik sebagai suplemen binaraga, tapi suplemen ini memiliki manfaat jangka panjang dan penting bagi tubuh yang sehat. Kaya akan Omega-3 EPA dan DHA, minyak ikan terutama berfungsi untuk mengurangi inflamasi pada tubuh.

Inflamasi telah terbukti menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Dari segi kebugaran, inflamasi dapat mencegah tubuh memanfaatkan nutrisi makro dan mikro dengan baik dan menghalangi performa latihan dan pemulihan.

Konsumsi minyak ikan secukupnya untuk hasil yang optimal, 2-3 gram perhari.

4. Multivitamin/Mineral

Image credit: top10supplements.com
Image credit: top10supplements.com

Suplemen lain yang sering diabaikan tapi penting adalah multivitamin/mineral. Memperoleh cukup asupan mikronutrien ini terbukti penting bagi kesehatan tubuh Anda. Sebab, nutrien ini dibutuhkan oleh berbagai macam proses dan keseimbangan yang menyeluruh di dalam tubuh.

Sebagai contoh, seng (zink) dimanfaatkan untuk memperbaiki jaringan otot dan magnesium membantu tubuh memperoleh istirahat yang cukup dan berkualitas.

Yang jelas, suplemen multivitamin digunakan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi Anda. Sumber vitamin dan mineral utama Anda tetap harus berasal dari pola makan yang lengkap dan seimbang.

Nah, itulah beberapa suplemen yang perlu diketahui oleh Anda yang pemula. Semoga bermanfaat!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN