Peran Hormon Testosterone Dalam Angkat Beban

Peran Hormon Testosterone Dalam Angkat BebanProgramFitnes.com – Pasti anda sudah mengenal hormon ini. Hormon testosterone adalah hormon yang dihasilkan cukup besar oleh pria dan dalam jumlah sedikit bagi wanita. Hormon ini diproduksi didalam testis dan kelenjar adrenal pada pria sedangkan pada wanita diproduksi di dalam ovarium. Hormon testosterone selalu dikaitkan dengan kehidupan seksual seorang pria, namun ternyata hormon ini juga berperan penting dalam dunia angkat beban.

Hormon testosterone dihasilkan di dalam kelenjar endokrin pada tubuh, kemudian disebar melalui darah ke seluruh tubuh. Hormon ini mempunyai efek androgenik dan merupakan hormon anabolik yang mendukung pertumbuhan otot selama masa kanak-kanak dan awal masa dewasa, khususnya pada laki-laki. Peran hormon ini sangatlah penting dalam angkat beban karena hormon testosterone meningkatkan sintesis protein sehingga berperan dalam pertumbuhan otot.

jual suplemen fitnes

Apabila seorang laki-laki mengalami kekurangan hormon testosterone, maka ia akan cepat tua. Cepat tua dalam hal ini bukanlah bertambah usia, namun tua akibat perkembangan dari tubuh menurun, seperti penurunan massa otot, pengeroposan tulang, penurunan kemampuan seksual, kondisi seperti ini akan memudahkan penyakit untuk menyerang.

Kadar testosterone sendiri dapat berkurang secara alami akibat bertambahnya usia. Namun terdapat faktor lain yang dapat menurunkan hormon tersebut. Lemak berperan penting dalam penurunan produksi hormon testosterone. Laki-laki yang mengalami obesitas pada umumnya memiliki kadar testosterone rendah, hal ini terjadi akibat lemak banyak mengandung hormon estrogen yang mana hormon estrogen adalah hormon yang memunculkan sifat sekunder pada wanita, selain itu lemak juga mengandung hormon kortisol yang erat kaitannya dengan gejala penuaan dini. Gabungan dari kedua hormon ini akan menurunkan produksi hormon testosterone ke level yang mengkhawatirkan.

Terdapat berbagai macam cara untuk meningkatkan hormon testosterone baik dengan cara alami maupun tidak alami. Meningkatkan hormone testosteron secara alami akan membawa efek yang baik bagi tubuh seperti mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan hormon testosterone secara alami dan berolahraga seperti olahraga angkat beban. Namun apabila anda memilih cara instan yaitu meningkatkan hormon dengan cara mengkonsumi hormon sintesis untuk meningkatkan kadar hormon testosterone, hal ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan anda. Cara tidak alami ini ialah mengkonsumsi steroid dan pro hormone baik dengan cara oral maupun suntik.

Baik atau buruknya tubuh ditentukan oleh diri anda sendiri, walaupun hormon testosterone sangat penting dalam pembentukkan massa otot, hendaknya anda lebih bijaksana untuk memilih cara yang benar dalam meningkatkan produksi hormon testosterone agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN