Perlukah Makan Sebelum dan Sesudah Fitnes?

Perlukah Makan Sebelum dan Sesudah Fitnes?ProgramFitnes.com – Sebenarnya anda tidak perlu makan sebelum melakukan olahraga, karena setidaknya 3 – 4 jam sebelumnya lambung anda sudah dipenuhi makanan yang bernutrisi tinggi. Makanan yang baru saja kita makan hanya akan menjadi bahan mentah yang belum bisa digunakan. Padahal untuk berolahraga kita memerlukan energi yang cukup sehingga makanan yang sudah kita konsumsi sebelumnya yang telah mengalami proses penyerapanlah yang akan menjadi sumber energi. Makanan yang baru kita konsumsi apalagi jaraknya sangat dekat dengan waktu olahraga hanya akan membuat perut kita tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas berolahraga anda.

Bagi anda yang sedang dalam program fat loss mengkonsumsi makanan sebelum olahraga akan mengurangi kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Hal ini terjadi karena seharusnya tubuh menggunakan cadangan tenaga berupa lemak untuk menjadi sumber tenaga utama. Tapi tubuh lebih memilih gula dari makanan yang baru saja dikonsumsi untuk dijadikan sumber tenaga utama sehingga lemak yang masih ada akan kembali disimpan untuk dijadikan sumber tenaga cadangan.

Pada saat tubuh selesai menggunakan gula sebagai tenaga maka tubuh akan merasa kelelahan. Hal ini menandakan kadar gula dalam tubuh sudah menurun. Saat itu baru tubuh mulai mencari tenaga cadangan yaitu lemak, sehingga tubuh bekerja dua kali untuk mengurangi lemak tubuh. Karena hal ini bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi makanan sama sekali, diperbolehkan tapi lakukan 3 – 4 jam sebelum berolahraga dan  pastikan konsumsilah makanan yang rendah lemak serta makanan yang cepat serap oleh tubuh.

Setelah melakukan olahraga tidak berarti anda tidak boleh makan, karena setelah berolahraga tubuh memerlukan energi pengganti untuk meneruskan aktivitas berikutnya. Makanan setelah olahraga pun perlu dikontrol untuk menghindari penumpukkan lemak, konsumsilah makanan yang rendah lemak, tinggi protein serta kaya serat. Jika ingin menambahkan suplemen, anda bisa mengkonsumisi BCAA, whey protein, casein (apabila anda berolahraga malam hari), atau glutamine, semua suplemen ini untuk melengkapi nutrisi dari real food yang anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.