Perut Buncit Tanda Awal Fase Andropause

Perut Buncit Tanda Awal Fase AndropauseProgramFitnes.com – Mungkin anda pernah mendengar pernyataan ini “ Perut Buncit Tanda Hidup Makmur”. Perut buncit sebenarnya bukan tanda kemakmuran seseorang, selain tidak sedap dipandang, ternyata perut buncit adalah gejala awal dari fase Andropause. Sama seperti wanita yang mengalami fase perubahan hormon bernama menopause, para pria juga mengalami fase perubahan  bernama andropause.

Andropause adalah suatu gejala tanda berhentinya fungsi fisologis pada seorang pria. Apabila pada wanita mengalami menopause, maka akan terjadi  penurunan produksi hormon mendadak yang mengakibatkan habisnya sel telur sehingga tidak dapat hamil lagi. Pada pria, penurunan hormon tidak akan membuat produksi sel sperma berhenti sehingga tidak bisa membuahi sel telur. Tetapi pada pria, penurunan hormon androgen mengakibatkan penuaan.

jual suplemen fitnes

Salah satu hormon androgen adalah hormon testosterone yang diproduksi di dalam testis. Homon ini adalah hormon yang mempengaruhi penampilan fisik seorang pria, seperti tumbuhnya kumis dan rambut, pertumbuhan jakun, serta pembentukkan otot. Apabila produksi hormon testosterone ini berkurang maka semua akan menurun, seperti menurunnya massa otot sampai terjadinya kebotakkan.

Massa otot yang berkurang akan menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh dan meningkatkan jumlah lemak yang berujung pada munculnya kondisi perut buncit. Perut buncit yang dimaksud adalah perut buncit yang membulat, bukan sekedar tumpukan lemak pada pinggang.

Berikut adalah beberapa gejala sebagai tanda awal memasuki fase andropause :

  1. Sering merasakan panas tiba-tiba tanpa melakukan aktivitas yang berat.
  2. Sering tidak fokus sehingga menurunkan kinerja.
  3. Sering mengalami pusing, cepat lelah, dan susah tidur.
  4. Emosi yang tidak stabil sehingga menyebabkan anda cepat marah.
  5. Penurunan libido dan disfungsi ereksi.
  6. Keringat berlebih dan sering buang air kecil.
  7. Peningkatan berat badan dan perut semakin besar atau membuncit.
  8. Mengalamin nyeri punggung dan terkadang sulit bernafas.

Fase andropause adalah fase yang yang wajar terjadi seiring dengan bertambahnya umur seorang pria. Namun anda dapat meredakan gejalanya dengan berbagai macam cara seperti :

  1. Mulailah berolahraga dengan rutin untuk membangun massa otot anda sehingga metabolisme tubuh dalam membakar lemak tetap bekerja dengan lancar sehingga dapat terhindar dari perut buncit.
  2. Hentikan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, bergadang, dan minum minuman beralkohol.
  3. Mulailah untuk mengatur pola makan menjadi pola makan yang lebih teratur dan sehat, kurangi makanan berkalori tinggi, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
jual suplemen fitnes
BAGIKAN