Rahasia Arnold Schwarzenegger Untuk Kaki Sekokoh Karang

ProgramFitnes.com – Nama Arnold Schwarzenegger memang fenomenal. Ia tetap menjadi panutan para atlet binaraga sampai sekarang. Tapi, sebenarnya dulu pria berjuluk The Oak ini mengalami kesulitan dalam membentuk otot kakinya.

Setiap orang bisa meniru gerakan yang ia lakukan, tapi hanya sedikit yang mampu memperoleh kaki yang sebesar dan sekuat Arnold. Nah, bila Anda juga menginginkan kaki yang sekokoh karang, pelajari rahasianya berikut ini!

Naikkan Volumenya

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Ketahanan dan bentuknya yang ramping membuat kaki menjadi bagian tubuh yang sukar dilatih. “Melatih kaki dengan beban berat saja tidaklah cukup,” ujar Arnold. “Anda harus menggunakan beban berat dan volume yang cukup untuk memberi tekanan pada serat otot dan menguras kapasitas ketahanannya.”

Arnold sendiri tidak memberikan volume yang cukup pada awal latihannya. “Bertahun-tahun, saya hanya melakukan 5 set squat ketika saya seharusnya melakukan delapan set. Saya juga tidak menaruh cukup beban pada mesin leg press,” tuturnya.

“Ketika saya menyadari kesalahan saya dan mengoreksinya, paha saya mulai membesar.” Pada performa puncaknya, Arnold melakukan setidaknya 20 set untuk kakinya dan setiap setnya dilakukan sampai failure (kecuali set pemanasan).

Pendekatan volume tinggi ini membantunya memperoleh ukuran dan membangun kekuatan pada bagian yang awalnya lemah.

Aplikasikan di Gym Dengan Tekun

Image credit: vonblancofitness.com
Image credit: vonblancofitness.com

Pendekatan volume tinggi ala Arnold ini memang sangat berat pada awalnya. Tapi, seiring waktu tubuh Anda akan beradaptasi dan semakin kuat. Cobalah melakukannya selama 6-8 minggu untuk memicu perubahan dramatis pada otot kaki Anda.

Kekuatan Pikiran Mengatasi Kelelahan Otot

Image credit: gymcompany.co.uk
Image credit: gymcompany.co.uk

Kelelahan otot tak bisa dihindari bila Anda melakukan sejumlah set sampai failure, tapi Arnold menggunakan pikirannya untuk mengatasi hal ini. “Saya menyadari bahwa latihan kaki itu harus brutal agar efektif,” katanya.

“Latihan biasa sudah cukup berat, tapi bila kaki adalah titik kelemahan fisik Anda, Anda harus bersiap untuk mendorongnya lebih jauh lagi. Ini memerlukan upaya pikiran yang tak kalah dengan upaya fisik… Ini berarti memaksa Anda untuk mendobrak segala dinding dan halangan.”

Manfaatkan Partner

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Jangan melatih kaki tanpa kehadiran seorang partner. “Partner latihan yang baik akan mendorong Anda untuk menangani lebih banyak beban dan memberi semangat untuk melakukan lebih banyak rep setiap setnya,” tulis Arnold dalam otobiografinya.

“Bersama partner, latihan akan lebih menyenangkan dan kompetitif. Kalian akan saling menantang satu sama lain.” Ketika Anda telah menghajar setiap rep yang Anda mampu dalam squat, misalnya, tetaplah berdiri sambil menahan beban. Lalu, lakukan satu rep lagi (dengan partner yang mengawasi Anda) untuk mendorong tubuh Anda sampai batas terjauh.

Nah, siapkah Anda mengaplikasikan rahasia dari Arnold Schwarzenegger ini? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.