Rutinitas Latihan Untuk Menjadi Seorang Ninja Warrior

ProgramFitnes.com – Anda pasti tak asing lagi dengan Ninja Warrior. Ya, ini adalah sebuah gameshow yang pertama kali disiarkan di Jepang dengan nama Sasuke (untuk peserta pria) dan Kunoichi (untuk peserta wanita). Kini, program acara TV ini telah diadaptasi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Dalam acara ini, tiap peserta ditantang secara fisik dan mental untuk mengatasi berbagai rintangan yang ada. Nah, bila anda tertantang untuk menaklukkan Gunung Midoriyama, anda perlu belajar dari ahlinya!

jual suplemen fitnes

 

Belajar dari Brent Steffensen dan Kacy Catanzaro, peserta American Ninja Warrior

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Di Amerika Serikat, acara American Ninja Warrior telah berlangsung selama tujuh musim. Selama itu, belum ada peserta yang berhasil menaklukkan seluruh tantangan dan mendapatkan hadiah utama.

Tapi, pasangan Brent Steffensen dan Kacy Catanzaro berhasil menciptakan rekor baru. Brent adalah orang Amerika pertama yang mampu menaklukkan tantangan Ultimate Cliffhanger, di mana peserta harus menyusuri langkan dengan ujung jari mereka. Sementara, Kacy adalah wanita pertama yang mencapai final.

“Kami melakukan latihan halang rintang, panjat tebing, lari bebas, dan parkour,” ujar Brent. “Tujuan kamu adalah mencapai puncak gunung (Midoriyama).”

Untuk mampu menaklukkan tantangan terakhir, tubuh anda harus cukup ringan dan ramping, sehingga Brent dan Kacy tidak melakukan latihan beban. Fokus mereka adalah meningkatkan kekuatan dan ketahanan melalui functional bodyweight circuit training.

 

Contoh Gerakan Bodyweight Untuk Latihan Ninja Warrior

Berikut ini adalah beberapa contoh gerakan bodyweight yang dilakukan oleh Brent dan Kacy untuk melatih kekuatan dan ketahanan tubuh mereka.

1. Candlestick

Image credit: dailyburn.com
Image credit: dailyburn.com

Target: Quad, abdomen, gluteus

Mulailah dari posisi berdiri dengan kaki selebar pinggul. Turunkan tubuh anda dengan cepat ke lantai, berguling ke belakang dengan tangan mengayun di atas kepala. Ayunkan tubuh bagian bawah anda ke atas sembari berguling. Kembali ke posisi semua.

2. Jumping Lunge

Image credit: dailyburn.com
Image credit: dailyburn.com

Target: Quad, gluteus, ketahanan

Mulai gerakan dengan kaki kanan di depan pada posisi lunge. Pastikan kedua lutut anda membengkok 90 derajat, bahu ditarik ke belakang, dan dada membusung. Lalu, melompatlah ke atas dan segera tukar posisi kaki anda. Mendaratlah lagi dengan lunge.

3. V-up

Image credit: dailyburn.com
Image credit: dailyburn.com

Target: abdomen

Berbaringlah di lantai dengan lengan terentang ke atas kepala. Lalu, ayunkan lengan ke arah kaki sembari mengkontraksi otot perut anda untuk menaikkan kaki ke atas. Sentuh ujung kaki dengan jari tangan anda, lalu kembali ke posisi semula.

4. Handstand Push-up

Image credit: dailyburn.com
Image credit: dailyburn.com

Target: Bahu, abdomen

Untuk masuk ke posisi handstand, lakukan gerakan meroda ke arah dinding. Begitu kaki anda menyentuh dinding, ubah posisi sampai tubuh anda menghadap dinding. Setelah itu, turunkan tubuh anda perlahan sampai kepala hampir menyentuh lantai. Lalu, naikkan tubuh anda kembali sampai siku anda hampir lurus.

 

Rutinitas Latihan Ninja Warrior

1. Jump Lunge

  • 4 set masing-masing 30 rep setiap kaki. Istirahat 30 detik.

2. Wide-Grip Pull-Up

  • 4 set masing-masing 12 rep. Istirahat 30 detik.

3. Hanging Leg Raise

  • 4 set masing-masing 15 rep. Istirahat 30 detik.

4. Handstand Push-Up

  • 4 set masing-masing 14 rep. Istirahat 30 detik.

5. Burpee with Tuck Jump

  • 4 set masing-masing 15 rep. Istirahat 30 detik.

 

Jadi, anda siap untuk menaklukkan gunung Midoriyama? Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes