Segala Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Human Growth Hormone

Segala Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Human Growth HormoneProgramFitnes.com – Belakangan istilah Human Growth Hormone atau HGH makin populer setelah terus-menerus disinggung oleh Deddy Corbuzier lewat program OCD-nya beberapa waktu lalu. Tapi, sejumlah pertanyaan mungkin masih tersisa di benak anda. Sebenarnya apa itu HGH dan apa manfaatnya bagi tubuh anda? Nah, di sini akan dirangkum sejumlah pertanyaan dan penjelasan seputar HGH yang pastinya akan menambah wawasan anda.

Apa itu human growth hormone?

Tubuh kita secara alami menghasilkan hormon pertumbuhan (HGH atau GH saja) pada kelenjar pituitari atau yang dikenal juga dengan hipofisis yang terletak di otak. Seperti namanya, GH bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan regenerasi sel.  Tanpa GH, mustahil anda bisa meningkatkan massa otot serta kepadatan tulang. GH juga memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan jaringan tubuh manusia, termasuk otak dan organ vital lainnya.

Ketika disekresikan, GH hanya aktif pada aliran darah selama beberapa menit, tapi itu cukup bagi hati untuk mengubahnya menjadi growth factor yang dikenal dengan insulin-like growth factor-1 atau IGF-1. IGF-1 inilah yang mampu menawarkan sejumlah sifat anabolik dalam tubuh anda.

Berapa banyak GH yang diproduksi secara alami?

Pria dewasa yang sehat umumnya menghasilkan kurang dari 5 nanogram per mililiter darah yang bersirkulasi dalam tubuh. Sedangkan wanita dewasa dapat memproduksi dua kali lipatnya untuk tujuan reproduksi. Tingkat GH pada bria dan wanita memuncak selama masa puber dan menurun drastis pada awal usia 20-an.

Bagaimana cara mengetahui bila kita mengalami defisiensi GH?

Defisiensi GH bisa dilakukan dengan melakukan tes GH. Tes ini merupakan tes darah sederhana yang tak jauh beda dengan tes kesehatan tahunan anda. Tapi sebelum tes, biasanya anda diwajibkan puasa.

Apakah HGH bisa berbahaya? Bagaimana dengan laporan tentang pembesaran tulang dan organ vital lainnya?

Sebelumnya, kreatin juga dianggap memiliki potensi bahaya, tapi kini justru menjadi salah satu suplemen paling aman dan efektif. Bahaya yang tampak meliputi HGH sebenarnya juga terlalu dibesar-besarkan. Komplikasi karena pemakaian HGH sangatlah minimal dan langka terjadi.

Penurunan karena penuaan itu natural. Mengapa saya membutuhkan GH jika saya tidak lagi bertumbuh?

Selain berperan penting bagi perkembangan otot anda, manfaat GH tidak melulu kasat mata. GH telah terbukti memperlambat perkembangan penyakit degeneratif karena usia tua. Di samping itu, Gh juga meningkatkan kemampuan seksual, membantu menjaga ketajaman mental, serta menimbulkan perasaan sehat. Jika GH anda rendah, maka bisa terjadi hasil yang sebaliknya: penurunan massa otot, peningkatan lemak, maupun dorongan seksual serta tingkat energi yang rendah.

Di mana saya bisa mendapatkan HGH?

Di Amerika Serikat, HGH hanya dapat diperoleh lewat resep dokter. Bila anda mengalami defisiensi HGH, biasanya dokter akan menganjurkan IGF-1 murni.

Bagaimana saya bisa meningkatkan level GH tanpa resep dokter?

Dua faktor penting yang berperan untuk menaikkan tingkat GH anda adalah lewat latihan beban dan tidur yang cukup. Semakin banyak anda berlatih, semakin banyak GH yang dilepaskan secara alami. Sebuah studi terbaru menemukan peningkatan yang signifikan dari sirkulasi GH dan IGF-1 setelah latihan beban yang intens pada orang yang terlatih tapi tidak menemukan perbedaan yang signifikan pada mereka yang tidak terlatih meski melakukan latihan yang sama.

GH juga disekresi saat anda tidur. Sejumlah penelitian menemukan bahwa GH meningkat pada saat tidur nyenyak. Jadi, tidur cukup sangat penting untuk menjaga tingkat GH anda. Selain itu, diet yang seimbang juga menjaga GH tetap tinggi.

Nutrisi yang dapat meningkatkan kadar GH dalam tubuh

Berdasarkan riset selama bertahun-tahun, nutrisi yang terdaftar di sini telah terbukti manjur untuk menigkatkan kadar GH anda. Sebagian ada yang bisa ditemukan lewat makanan sehari-hari, sebagian lagi bisa diperoleh lewat suplemen.

  • Vitamin: A, B5, B12, asam folat.
  • Mineral: kromium, seng, magnesium, yodium
  • Asam amino: glutamin, glisina, karnitin, arginin, taurin, lisin.
  • Hormon: melatonin, pregnenolone.
  • Bahan penting: kolostrum.

Nah, kini anda makin paham apa itu HGH dan bagaimana hormon ini mempengaruhi pembentukan otot kita. Semoga bermanfaat.