Sesi Latihan Kettlebell Full-Body Dalam 15 Menit Saja

Sesi Latihan Kettlebell Full-Body Dalam 15 Menit Saja
Image credit : www.duniafitnes.com

ProgramFitnes.com – Kettlebell merupakan peralatan yang sederhana tapi sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan otot dan kebugaran tubuh anda secara keseluruhan. Ini karena alat yang satu ini bisa digunakan untuk variasi gerakan yang sangat beragam dan dapat menyasar hampir semua kelompok otot di tubuh, tergantung dari kreativitas anda saat latihan.

Sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai 6 gerakan kettlebell terbaik yang patut anda lakukan. Tapi, kettlebell bisa dimanfaatkan dalam sebuah latihan kompleks, yakni merupakan cara yang baik untuk melakukan banyak gerakan dalam waktu singkat.

jual suplemen fitnes

Lewat teknik ini, anda bisa mengaktifkan dan melatih seluruh otot dengan cepat dan efektif sekaligus mendorong metabolisme anda tanpa harus mengkonsumsi banyak waktu. Nah, penasaran seperti apa latihannya?

Latihan Kettlebell Full-Body

Gerakan 1: Double Kettlebell Swing

  • Repetisi: 8

Gerakan 2: Kettlebell Push Press

  • Repetisi: 8

Gerakan 3: Kettlebell Romanian Deadlift

  • Repetisi: 8

Gerakan 4: Kettlebell Walking Lunge

  • Repetisi: 8

Gerakan 5: Kettlebell Row

  • Repetisi: 8
  • Istirahat 1 menit di setiap putaran.

Tips Latihan

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com

Untuk latihan di atas, anda diminta untuk melakukan sebanyak mungkin putaran dalam waktu 15 menit menggunakan kettlebell dengan berat yang sama pada masing-masing genggaman tangan anda.

Manfaatkan perpindahan yang halus dari gerakan yang satu ke gerakan yang lain sehingga anda dapat menghemat waktu dan tenaga. Sebagai contoh. pada ayunan terakhir double kettlebell swing, ayunkan kettlebell ke atas bahu agar anda bisa langsung masuk ke gerakan push press.

Berusahalah untuk mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap putaran. Dengan begitu, anda bisa memperoleh lebih banyak putaran dalam rentang waktu yang disediakan. Tapi, hindari mengorbankan bentuk gerakan hanya demi mencari kecepatan. Semakin cepat gerakannya, pastikan anda juga melakukannya dengan bentuk yang benar.

Anda dibebaskan untuk mengubah jumlah rep serta menambah atau mengurangi jumlah variasi gerakan untuk menaikkan atau menurunkan tingkat kesulitan. Anda juga bisa menambah atau mengurangi beban kettlebell. Cobalah untuk menyelesaikan setiap putaran dalam waktu 90 detik atau kurang, sesuai kemampuan fisik anda.

Itulah sesi latihan kettlebell full-body yang dapat anda kerjakan dalam waktu 15 menit saja. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN