Stretch Mark Pada Olahraga Angkat Beban

Stretch Mark Pada Olahraga Angkat BebanProgramFitnes.com – Apabila kita membahas soal stretch mark pasti akan berkaitan dengan kulit. Stretch mark atau biasa dikenal dengan selulit pada kalangan wanita selalu ditandai dengan guratan seperti bekas luka pada bagian permukaan kulit tertentu.

Sebagai seorang yang menekuni dunia angkat beban, anda mungkin perlu mengetahui tentang stretch mark ini. Pada wanita, stretch mark biasanya muncul pada saat sedang hamil. Akibat kulit yang terlalu tegang tertarik karena adanya janin di dalam. Robekan pada kulit perut tersebut terjadi akibat putusnya serabut-serabut otot sehingga menimbulkan cekungan pada otot perut. Cekungan ini berwarna agak gelap sehingga akan tampak seperti garis yang berderet. Hal ini tentu saja akan mengurangi keindahan dari permukaan kulit perut.

Pada keadaan lain stretch mark terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas. Pada kasus ini, stretch mark muncul akibat kulit yang meregang karena timbunan lemak dibawah kulit yang terlalu banyak sehingga kulit merengang melebihi batas keelastisannya sehingga timbullah guratan-guratan pada kulit seperti wanita yang sedang hamil.

Apabila seseorang yang pernah mengalami obesitas dan berlatih angkat beban sehingga badannya menjadi lebih besar akibat massa otot yang meningkat, hal ini akan baik sekali karena mampu mengurangi guratan-guratan pada kulit tersebut.

Pada olaharga angkat beban, kasus stretch mark jarang terjadi. Karena peningkatan massa otot terjadi secara perlahan, sehingga kulit mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi tersebut. Demikian pula apabila peningkatan massa otot semakin besar tetap tidak akan menimbulkan stretch mark. Peningkatan massa otot dibarengi dengan penipisan lapisan lemak di bawah kulit sehingga kulit dapat meregang dengan baik. Stretch mark dapat terjadi apabila seseorang pernah dalam kondisi sangat gemuk. Namun bagi orang yang memiliki kondisi fisik normal dan mulai olahraga angkat beban, kemungkinan terjadinya stretch mark sangat kecil.