Tahapan Bagaimana Minuman Bersoda Merusak Tubuh Manusia

Tahapan Bagaimana Minuman Bersoda Merusak Tubuh ManusiaProgramFitnes.com РMinuman bersoda adalah minuman yang sangat terkenal di dunia, hampir semua orang dan mungkin termasuk anda pasti menyukai jenis minuman ini. Saat cuaca sedang panas terik adalah saat yang pas untuk menenggak segelas minuman soda yang dingin. Sekarang ini minuman bersoda  sangat mudah sekali ditemukan mulai dari supermarket sampai warung kecil di pinggir jalan dapat dengan mudah dijumpai minuman bersoda.

Namun, tahukah efek merusak dari minuman bersoda tersebut?  Reaksi kimia dari minuman bersoda ini bekerja cukup cepat ketika sudah dikonsumsi oleh anda. Nah, berikut ini akan dijelaskan apa yang terjadi pada organ pencernaan anda ketika mengkonsumsi minuman bersoda.

1. Pada 10 menit pertama ketika anda meminum minuman bersoda, kandungan gula yang sangat tinggi dan pekat yang terkandung di dalamnya akan membuat tubuh anda kaget. Pada kasus biasa ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula cukup tinggi maka tubuh akan menolaknya dengan memuntahkannya kembali. Namun karena kandungan asam fosfat pada minuman bersoda, keinginan muntah ini bisa dihilangkan.

2. Lalu pada 20 menit berikutnya tubuh akan berusaha untuk melawan overdosis gula yang mungkin terjadi. Maka terjadi resistensi yang kuat terhadap insulin dalam aliran darah, sehingga insulin tidak dapat bekerja menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Dan pada saat bersamaan, hati anda akan memecah gula dan merubahnya menjadi lemak.

3. Masuk ke 40 menit berikutnya, tubuh anda akan menyerap kandungan kafein yang terkandung di dalam minuman bersoda yang telah anda minum. Efek yang paling kuat ialah hilangnya rasa kantuk, hal ini terjadi akibat otak memblokir respon adenosin, penyerapan kafein ini juga akan meningkatkan tekanan darah anda, pada beberapa orang yang intoleransi kafein akan menyebabkan jantung berdebar-debar kencang.

4. 45 menit kemudian tubuh anda akan meningkatkan produksi hormon dopamine, efeknya anda akan merasa lebih segar, efek yang sama ketika seseorang mengkonsumsi heroin.

5. Masuk ke 60 menit kemudian asam fosfat yang terdapat dalam minuman bersoda akan mempercepat metabolisme tubuh anda melalui pengikatan kalsium, seng, dan magnesium dalam usus. Pada beberapa kasus yang terjadi, beberapa orang akan merasakan kembung dan nyeri pada perut.

Hanya dalam waktu 1 jam saja minuman bersoda sudah mampu merusak tubuh anda. Dalam waktu itu juga kalsium yang terdapat dalam tubuh anda terutama yang paling banyak tersimpan di dalam tulang tubuh anda akan mulai terkikis dan akan terbuang melalui urine/air kencing.

Bagi anda yang rutin mengkonsumsi minuman bersoda sebaiknya berhati-hati, anda berisiko terkena penyakit hipertensi, diabetes dan obesitas. Selain itu, pemanis buatan yang terkandung dalam minuman bersoda akan menurunkan fungsi usus sehingga akan lebih banyak lagi lemak yang tertimbun pada tubuh anda. Segera kurangi bahkan hentikan konsumsi minuman bersoda demi kebaikan tubuh anda.