Tanda-Tanda Beban yang Anda Gunakan Terlalu Ringan

Tanda-Tanda Beban yang Anda Gunakan Terlalu RinganProgramFitnes.com – Strength training atau latihan kekuatan diperlukan untuk membangun dan menjaga kekuatan tubuh anda pada level tertentu. Salah satu cara yang bisa meningkatkan kekuatan otot anda adalah lewat latihan beban. Tapi, tak jarang kekuatan anda tidak berkembang ke level selanjutnya. Ini bisa jadi disebabkan karena beban yang anda angkat saat ini tidak pernah ditambah dalam waktu yang cukup lama.

Nah, agar anda memahami kapan waktunya meningkatkan latihan beban, simak tanda-tandanya berikut ini.

1. Beban yang anda gunakan saat ini tidak lagi memberi tantangan yang berarti

jual suplemen fitnes

Latihan kekuatan seharusnya membuat anda tertantang. Sebab, esensi dari strength training adalah menantang otot anda berusaha sampai batas kemampuannya. Dengan begitu, otot anda juga akan beradaptasi menjadi semakin kuat. Tapi, bila beban yang anda gunakan saat ini tidak lagi menantang otot-otot anda seperti sebelumnya, maka inilah saatnya untuk menambah beban angkatan anda.

2. Anda bisa mengangkat beban dengan repetisi yang tak terhitung jumlahnya

Masing-masing latihan strength training seharusnya bisa membuat otot anda terasa “panas” dalam 15 repetisi atau kurang dari itu. Ketika otot telah mecapai batasnya, anda tidak lagi dapat melakukan repetisi dengan gerakan yang sempurna.

Nah, jika anda bisa mengangkat beban dengan gerakan sempurna lebih dari 15 repetisi, atau bahkan mungkin sampai kehilangan hitungan anda, ini berarti beban angkatan anda terlalu mudah. Saatnya untuk meningkatkan beban yang anda gunakan.

3. Anda tidak pernah meningkatkan beban angkatan anda

Ada kejadian di mana seseorang yang melakukan strength training tidak pernah menaikkan beban angkatannya. Ia menggunakan beban yang sama dengan awal latihan. Jika ini terjadi, anda perlu mengevaluasi latihan anda. Menaikkan beban latihan dalam strength training sangat penting untuk membuat latihan bermanfaat, yang mana membuat anda lebih kuat dari waktu ke waktu.

4. Kemampuan otot anda tidak mengalami kemajuan

Tanpa membuat otot anda bekerja lebih keras dari biasanya, otot-otot takkan menjadi lebih tangguh. Saat melakukan latihan, otot akan semakin kuat untuk memenuhi tuntutan yang anda berikan pada mereka. Jadi, bila anda terus-terusan memberikan porsi latihan yang itu-itu saja, otot anda akan terus bekerja pada intensitas yang sama, sehingga mengakibatkan otot anda berhenti mengalami kemajuan.

Bila anda mengalami salah satu dari empat tanda di atas, inilah saatnya mengevaluasi latihan dan mencoba menapak ke tingkat kesulitan berikutnya. Manfaatkan tiga langkah berikut untuk meningkatkan level kesulitan anda dengan aman dan efektif.

Langkah 1: Tingkatkan berat beban tidak lebih dari 10 persen

Sebagai contoh, jika beban angkatan anda sekarang adalah 30 kg, anda bisa menambahkan 3 kg lagi. Sepuluh persen tambahan beban akan cukup menantang anda dengan aman. Menambah beban lebih dari 10% sekaligus bisa menimbulkan cidera. Jadi, berkembanglah dengan perlahan.

Tips: Di gym, meningkatkan beban dengan tepat 10% tidak selalu mungkin. Jika demikian, manfaatkan beban yang tersedia dengan pembulatan ke bawah, bukan pembulatan ke atas. Misalnya, anda ingin menambah beban 3 Kg, sementara yang tersedia adalah 2 Kg dan 4 Kg, jadi pilihlah yang 2 Kg.

Langkah 2: Dengan beban yang baru, sasar untuk melakukan 1-3 set dengan 8-15 repetisi.

Langkah 3: Setelah anda berhasil menyelesaikan 2-3 set 15 reps dengan gerakan yang sempurna, saatnya beralih lagi ke langkah pertama dan tambah beban anda 10 persen lagi.

jual suplemen fitnes