Teknik Dropset Dalam Angkat Beban 1

Teknik Dropset Dalam Angkat Beban 1ProgramFitnes.com – Banyak sekali teknik dalam program angkat beban, salah satunya yang akan kita bahas ialah teknik dropset. Teknik dropset adalah suatu teknik mengangkat beban yang dimulai dari beban terberat hingga lelah kemudian dilanjutkan dengan beban yang lebih ringan tanpa ada jeda istirahat dalam 1 set.

Teknik dropset biasanya digunakan untuk memberi efek kaget pada otot anda yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan pertumbuhan otot itu sendiri. Pada pengaplikasiannya, teknik dropset ini terdiri dari 2 set tambahan. Sehingga tejadi 2 kali fase dalam penurunan beban. Dalam menurunkan beban dalam teknik ini ada 2 cara yaitu :

  1. Tigh drop ialah menurunkan beban sebesar 10 – 25% dari beban sebelumnya dalam setiap penurunan beban.
  2. Wide drop ialah menurunkan beban sebesar 30% dari beban sebelumnya dalam setiap penurunan beban.
jual suplemen fitnes

Bila anda ingin menggunakan teknik dropset, pastikan anda sudah melakukan pemanasan yang cukup untuk menghindari risiko cedera, karena beban yang akan digunakan akan cukup menguras tenaga anda sehingga perlu memiliki teknik dan konsentrasi yang tinggi dalam menjalankan teknik dropset ini.

Persiapkan dumbbell atau barbell dengan beban terberat yang mampu anda angkat, kemudian siapkan kembali beban yang lebih ringan dari sebelumnya, dan siapkan lagi beban yang lebih ringan lagi sebagai set penutupan, yang perlu anda ingat bahwa, anda sendiri yang mengetahui kemampuan tubuh anda, sehingga jangan melebihi apa yang bisa tubuh anda angkat untuk menghindari risiko overtraining.

Mulailah teknik dropset ini dengan repetisi maksimum dengan beban terberat yang sudah anda siapkan dan setelah otot anda terasa mulai lelah misalnya dalam hitungan repetisi 10, anda mulai ganti dengan yang lebih ringan hingga lelah kembali atau sampai ke repetisi maksimal, lalu lanjutkan dengan yang paling ringan hingga anda tak mampu mengangkat lagi. Lakukan itu tanpa istirahat di antaranya. Setelah ini, baru beristirahat sekitar 2-3 menit dan lakukan set kedua latihan ini dengan cara yang sama.

Teknik dropset ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena teknik ini lebih cocok bagi anda yang sudah berpengalaman. Pada teknik dropset juga tidak disarankan dilakukan lebih dari 2 set per kelompok otot, karena pada teknik ini otot akan diberi tekanan yang paling maksimal, sehingga apabila berlebihan bisa menyebabkan overtraining.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN