Tetap Bugar Selama Di Kantor

Tetap Bugar Selama Di KantorProgramFitnes.com – Kesibukkan anda sebagai seorang karyawan di kantor jangan sampai menghilangkan hasrat untuk melakukan olahraga. Dengan berolahraga, anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan berat badan tetap ideal. Beberapa studi mengatakan bahwa, penerapan gaya hidup sehat di kantor dapat menghindarkan seorang karyawan dari sejumlah penyakit kronis. Selain itu, dengan berolahraga dapat mengurangi tingkat stres seorang karyawan, karena pada saat berolahraga tubuh anda mengeluarkan hormon endorphin yang biasa kita kenal sebagai hormon kebahagian.

Berikut pola latihan ringan yang anda dapat lakukan di kantor pada saat jam istirahat atau saat anda senggang. Beberapa jenis latihan dapat menggunakan properti kantor seperti kursi. Yang perlu anda ingat adalah jangan terlihat atasan saat anda melakukan pola latihan ini.

1. Decline Push Up

Latihan untuk melatih otot dada ini dapat menggunakan kursi. Posisikan tubuh anda dengan posisi seperti melakukan push up, namun kali ini anda meletakkan kaki anda di atas kursi kemudian anda melakukan push up seperti biasa. Lakukan latihan ini sebanyak 4 set, dengan 12 – 15 repetisi, jeda istirahat antar set 30 – 60 detik.

2. Seated Squat

Setelah melakukan latihan sebelumnya, anda lanjutkan dengan latihan seated squat dengan menggunakan alat yang sama yaitu kursi. Latihan ini untuk melatih otot paha anda. Posisi awal yaitu dengan duduk di kursi kemudian anda berdiri kemudian turun secara perlahan seperti posisi ingin duduk, sampai bagian bokong anda menyentuh kursi, ingat hanya menyentuh bukan duduk kemudian berdiri lagi secara perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 4 set, dengan 20 repetisi, jeda istirahat antar set 30 – 60 detik.

3. Push Up

Anda pasti sudah mengetahui gerakan push up bukan? latihan untuk melatih otot dada ini banyak sekali variasinya, anda dapat memilih jenis push up yang bermacam-macam seperti wide push up, narrow push up, diamond push up. Pada pola latihan ini anda bisa melakukan diamond push up atau wide push up, lakukan sebanyak 4 set, 12 – 15 repetisi dengan jeda istirahat 30 – 60 detik.

4. Bulgarian Split Squat

Pada latihan ini anda akan melatih otot kaki. Dengan alat berupa kursi, posisikan salah satu kaki di belakang anda dan ditaruh di atas kursi yang sudah disediakan. Posisikan kursi jangan terlalu dekat dengan anda, kemudian turun perlahan-lahan serendah mungkin lalu kembali naik lagi perlahan, apabila lutut melebihi jari kaki anda, artinya posisi kursi masih terlalu dekat, pastikan lutut dan jari kaki sejajar. Lakukan  sebanyak 4 set, 10 – 12  repetisi untuk masing-masing kaki dengan jeda istirahat selama 30 – 60 detik.

 5. Incline Plank

Incline plank adalah jenis latihan yang melatih otot inti anda yaitu otot perut. Dengan menggunakan kursi kembali, kali kini usahakan jangan menggunakan kursi yang memiliki roda. Letakkan tangan pada kursi dengan kaki anda berada dilantai, posisi tubuh harus memiliki garis lurus dari kepala sampai tumit anda. Tahan posisi ini selama 30 detik, sebanyak 3 set.

Leave a Reply

Your email address will not be published.